söndag 29 april 2012

AL-FATIH & SYARAT KEMENANGAN -b-

bismillah.

Melanjutkan catatan ini.

Oleh: Ust. Herry Nurdi
Penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan melihat tumpukan buku, kecerdasan kita meningkat 40%. Jadi kalau pingin pintar, sekarang lihat tumpukan buku, nanti lihat lagi.. (lol. Kidding ^^v)

Berapa kali kita membiasakan diri untuk membaca buku? Bagaimana keterikatan kita dengan perpustakaan dan sumber-sumber ilmu di samping ulama? (Ustad Herry Nurdi dalam sebulan targetnya membaca 30 judul buku) Jangan mudah berapologi pada diri sendiri, mencari-cari alasan untuk tidak membaca buku yang sejatinya karena malas.


Al Fatih: mengkaji jalan masuk ke Konstantinopel dari laut dan darat. Membuat puluhan terowongan rahasia. Diteliti betul. Sebelumnya, Fatih juga mengadakan perjanjian kecerdasan antara khilafah Utsmaniyah dengan kerajaan-kerajaan di sekitar Konstantinopel yang salah satu klausulnya adalah tidak membantu Byzantium jika terjadi apa-apa.

Dua tahun sebelum perang, Al-Fatih mengirim provokator-provokator ke Byzantium untuk melakukan down grade penduduk di sana shg hanya 6000 penduduk Byzantium yang ikut berperang. Muhammad Al-Fatih juga mengepung pulau-pulai di sekitar Byzantium (Bosporus dan Laut Marmara) supaya pulau-pulai ini tdk mengirimkan pasukan. Fatih memilih dan membina sendiri pasukannya, yg tangguh fisik dan kuat ruhiyyahnya à jadilah orang yang tawadhu’ dalam bersikap, matinul khuluq, matang, cerdas dalam keilmuan.

Matinul khuluq:
Ketika Masjid Nabawi dibangun oleh Rasulullah SAW, beliau sedang halaqah dengan para sahabat. Lalu datanglah seorang Arab Badui dan mengencingi masjid. Para sahabat marah, bahkan ada siap menghunus pedang. Kata Rasulullah: biarkan dia menyelesaikan hajatnya. Dan sesudah selesai kencing, Rasulullah meminta para sahabat utk mengambil air dan membersihkannya. Setelahnya, Rasulullah menjelaskan pada orang badui itu bahwa tempat ini bukan utk melakukan itu melainkan utk beribadah dan membaca wahyu. Dst... hingga saat solat orang badui tsb berdoa agar keberkahan dilimpahkan hanya padanya dan Rasulullah saja! Tidak usah orang lain (saking kepincutnya sama akhlaq mulia Rasulullah ^^) à taklukkan hati mad’u

Dakwah itu paling mudah ketika melibatkan perut
Suatu waktu, ada konferensi punk se-Jakarta di Tangerang. Ustad Herry memikirkan solusi utk berdakwah kepada mereka. Prinsipnya: yad’uuna ilal khoir à mengajak melakukan kebaikan. Menyentuh pundak ketua kelompok punk, diajak sholat. Alhamdulillah ia mau dan diikuti para follower nya. Manisnya iman à semakin banyak yg menikmati semakin terasa nikmat.

Dakwah itu tidak pernah gagal kalau melibatkan makanan
Usai solat, mereka diajak makan bersama di rumah Ust. Herry. Selanjutnya, mereka diajak halaqoh bulanan. Dalam perkembangannya, menjadi 2 bulan sekali lalu menjadi pekanan. Panggilan mereka utk Ust. Herry: tadinya abang lalu menjadi ustad dan sekarang yaa amirul shaaf (pepimpin barisan) xD. Fokus pembinaannya: jangan tinggalkan sholat dan jangan lakukan maksiat.

Ust. Herry pernah berkunjung ke salah satu universitas di Kalimantan. Sedang ada renovasi asrama kampus. WC mampet karena tersumbat kondom 25kg! Innalillah... 

Maka, kebermaknaan dakwah yang sesungguhnya bukanlah terletak pada barisan-barisan melingkar di masjid namun implementasi terhadap masyarakat. Jangan duduk manis mengaji saja, itu bukan tujuan dakwah! Tujuan dakwah adalah mengubah masyarakat di luar sana agar menjadi lebih baik.

Muhammad Al Fatih menyebut pasukannya à wahai pasukan abu ayyub al anshari, bangkitlah! Raihlah kemenangan! à bangga disebut pasukannya shohabat.

Apakah iman kita sudah memberikan kekuatan?
Pada zaman Rasulullah, ada seorang sahabat yang miskin turut berperang. Dia minder dan sering memisahkan diri dari rombongan pasukan Rasulullah. Suatu siang saat istirahat dia memisahkan diri dari rombongan seperti biasanya dan ketiduran. Ia pun tertinggal rombongan. Saat bangun tidur, dia melihat ke sebelah kanan, ada singa. Tanpa gentar dia menunjuk ke arah singa sambil berteriak, “Wahai singa, aku ini adalah pasukannya Muhammad! Takutlah engkau kepada Allah dan antarkan aku kepada rombongannya!” Karena kekuatan imannya, singa itu pun tunduk dan membiarkannya naik ke tubuhnya lalu mengantarkannya ke rombongan Rasulullah SAW. Jadi di antara rombongan yang menaiki unta, ada satu yang naik singa! =))

Al-Fatih secara pribadi sangat mulia, baldatun thoyyibatun wa robbun ghofuur, berbasis pada keadilan, kemakmuran, dan kemajuan à berhasil membangun 300 masjid, 57 universitas, 89 kamar mandi umum, ratusan tempat transit utk musafir, jembatan-jembatan antarkota, mengubah banyak gereja mjd masjid, dst. Pemeriksaan dan pemantauan dilakukan sendiri pada seluruh jabatan dan depart di pemerintahan. 

Wasiat Al-Fatih kpd penerusnya: jadilah orang yang adil dan soleh serta penyayang. Berilah perlindungan kepada seluruh rakyat tanpa pengecualian. Bekerjalah demi menyebarkan Islam, bukan demi-demi yang lain. Utamakan kepentingan islam di atas kepentingan-kepentingan yang lain. Jangan melantik pegawai yang abi terhadap agamanya. Hindari bid’ah yang merusak agama. Lakukan perluasan negara melalui jihad. Lindungi harta baitul maal. Jangan mengambil harta rakyat. Pastikan yang lemah mendapat jaminan kekuatan. Hormati dan muliakan ulama. Jangan tertipu pada harta dan kuasa. Jangan melakukan sesuatu yang berentangan dengan hukum islam. Bekerjalah untuk memuliakan islam. Hormatilah ummat-Nya. Jangan memubadzirkan harta negara dan gunakan secukupnya. Hiduplah sederhana.(The more I know about you, the more I love you Fatih! <3)

Wasiat ini untuk kita. Kalau tidak bisa semuanya, ambillah sebagiannya.

“Kalau tidak bisa melakukan semuanya, jangan ditinggalkan semuanya. Ambil satu mjd amalan unggulan kita!”

Sebab-sebab keruntuhan Khilafah Utsmaniyyah:
Munculnya sultan-sultan yang tidak memiliki kredibilitas dan integritas. Pemimpin dan gol ulama mengabaikan amal makruf nahi munkar.

Imam Ghozali dalam Ihya ulumuddin bagian muqoddimah à fasadul ummah lil fasadil umara’, kerusakan masy krn kerus pemr. Fasadul umara lil fasadul ulama, kerus pemr disebab olh rusaknya ulama. Fasadul ulama hubbuddunya wal maal, sebab kerus  ulama krnn cinta dunia dna harta.

Ulama--alim--berilmu  à tujuan kuliah utk mendapatkan kerja? Seharusnya: utk lbh taat pada Allah!

Sultan Abdul Aziz à pengagum barat, suka maksiat, mubadzir, banyak hutang à digulingkan dgn cara menerbitkan fatwa ulama. Ulama diminta utk menerbitkan fatwa. Termasuk jual beli gelar dan jabatan, melibatkan wazir dan ulama. Sultan-sultan yang dilantik banyak yang blm cukup umur, ada yg berumur 7 tahun. Ketika sultan-sultan kecil dilantik, maka dalang-dalang politik adalah para selir dan harim. As it was said before.

Munculnya father side (?) à tradisi Byzantium di mana sultan membunuh saudaranya sndr utk mengurangi saingan. Sultan Muhammad III bahkan membunuh 19 saudaranya à pembunuhan, kemaksiatan, kekejian terjadi à Puncak penyebab keruntuhan.

Di Museum Topkapi di Turki terdapat pedang bertahtakan berlian. Gimana mau perang kalau pedangnya semacam ini? Jikapun bukan utk perang, ini sudah berlebihan. Di sana terdapat juga gambar-gambar sultan berperut gendut.

Sultan Abdul Hamid II à letak keruntuhan. Muncul Mustafa Kamal At-Taturk. Muncul pemberontakan-pemberontakan thd Khilafah Utsmaniyah, pecahnya mjd saudi arabia dll. Di arab saja terdapat 23 negara Islam yg tadinya mjd 1 wilayah.

Dulu di Madinah ada stasiun yang ada rel kereta yg menghubungkan Madinah dan Turki. Rel kereta tdk hanya membawa penumpang dan barang namun juga peradaban, pertukaran intelektual dst.

“Jadilah muslim yang sholih, brilian, militan, dan jangan takut disebut orang radikal. Radikal itu artinya akar. Maka radikal=mengakar. Agama jika tdk mengakar maka mengambang. Kalau mengambang maka mudah hanyut dan terbawa arus.”

Sesi Diskusi:
1.  Generasi sekarang sangat jauh levelnya dari Muhammad Al Fatih. Apa yang harus dilakukan agar semangat Al fatih hadir kembali? Dan bagaimana agar setelah mabit ini kita dapat mempertahankannya, tidak lagi kembali ke kehidupan yang nyata?

Jawab:
Setelah mabit ini kembali kek kehidupan yang nyata. Jadi sebenarnya kehidupan antum itu yang seperti apa? (lol)

Wallahu a’lam bish showab. Banyak formulasi para ulama yang merumuskan bagaimana caranya. Contohnya, Al Ghozali merumuskan yang paling tinggi adalah ILMU. Maka dikuatkan ilmunya. Sementara Hasan Al Banna merumuskan yang paling dominan adalah GERAKAN. Abdullah Azzam mengatakan JIHAD. Mau’idham mastatho’tum, siapkan apa yang antum mampu. Masing-masing kita standarnya berbeda.

Ada sebuah kisah lucu yang hikmahnya luar biasa. Nasruddih Hoja, pada suatu hari memutuskan utk melakukan perjalanan dengan dua orang kawannya, yang satu Hindu yang lainnya Yahudi. Di tengah perjalanan, mereka kehabisan bekal. Hanya tersisa satu roti. Lalu mereka memutuskan utk membagi roti ini dibagi saja. Lalu ada yang usul utk dimakan 1 orang dan orang tsb yg akan mencari bantuan. Syaratnya, yg dpt roti adalah yg bermimpi paling baik maka paginya boleh makan roti.

Paginya, Yahudi: mimpi bertemu bintang sangat terang hingga tubuhnya benderang. Seolah-olah aku ini jadi orang baik. Hindu: mimpi mandi di sungai gangga yg menghanyutkan dosa-dosaku. Nasruddin: aku mimpi aku bertemu guru yang paling aku taati. Aku tdk pernah membantah meskipun satu kata dari guruku ini. Dan dalam mimpi itu, guruku berkata "Kalau lapar, makan saja rotinya." Ya aku bangun. Terus, ya aku makan saja rotinya.

Hikmahnya: antum kalau sami’na wa atho’na (dalam hal ini thd Allah dan Rasul-Nya), insyaallah keberntungan-keberuntungan itu lahir.

Jadi tidak perlu memikirkan setelah ini harus apa, lalu apa dst. Yang perlu antum lakukan adalah sami’na wa atho’na thd perintah Allah dan Rasulullah, terhadap ulama. Insyaallah kita akan beruntung. Paling mudah itu dakwah thd mhs eksak. Dikasih tau ini langsung bilang, oh iya betul itu. Langsung dikerjakan. Yg plg susah mhs sosial, selalu tny pendapatnya siapa dsb. Ga jalan deh ini dakwah! (lol). Sami'na wa atho'na bukan berarti taqlid, tp dgn ilmu

Tugas kita: inna nasrullahi fathhun qoriib. Sesungguhnya jika pertolongan allah itu datang, maka kemenangan itu telah dekat. Kira2 kita ini udh LAYAK ditolong allah blm? Bagaimana kualitas ibadan dan ketaatan kita?

Imaanu yajiidu wa yankus. Yaziidu bi tho ah. Wa yankusi bi makshiyiyah. Iman itu naik turun. Naiknya krn taat kpd Allah. Turunnya krn maksiat kpd Allah.” 


Kalau ditimbang, taat dan maksiat nya lbh banyak mana?

~to be continued~

fredag 27 april 2012

10 Karakter Muslim

bismillah.
Sebagai materi Kajian Muslimah Fakultas Psikologi UGM, Jumadil Ukhra 1433H



Hasan Al Banna merumuskan beberapa karakter (muwasshofat) yang harus dipenuhi seseorang sehingga ia dapat disebut berkepribadian muslim, yaitu:


1. Salimul ‘Aqidah / ‘Aqidatus Saliima (Aqidah yang lurus/selamat)
“Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku, semua bagi Allah tuhan semesta alam”. (QS. Al-An’aam:162). Rasulullah SAW mengutamakan pembinaan tauhid dan aqidah pada masa awal dakwahnya.


2. Shahihul Ibadah (ibadah yang benar)
Shahihul ibadah merupakan salah satu perintah Rasulullah SAW yang penting. Dalam satu haditsnya, beliau bersabda: “Shalatlah kamu sebagaimana melihat aku shalat." (HR. Al Bukhari, Muslim, Ahmad)--> ibadah harus mengikuti (ittiba’) kepada sunnah Rasul SAW.


3. Matinul Khuluq (akhlak yang kokoh)
Salah satu tugas Rasulullah SAW adalah untuk memperbaiki akhlak manusia dengan mencontohkan secara nyata keagungan akhlaknya --> “Dan sesungguhnya kamu benar-benar memiliki akhlak yang agung”.(QS. Al-Qalam:4). Metode dakwah yang utama: bil hikmah (QS. An-Nahl: 125). Contoh: kisah seorang Arab badui yang mengencingi masjid dan respon Rasulullah yang solutif dan tidak agresif (HR Bukhari 323)


4. Mutsaqqoful Fikri (wawasan yg luas)
Salah satu sifat Rasulullah SAW adalah fathonah (cerdas). “Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya”. Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: “Yang lebih dari keperluan”. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir”.(QS. Al-Baqarah:219). 

  1. “Menuntut ilmu wajib hukumnya bagi setiap muslim.” (Muttafaqun ‘alaihi).

  1. “Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.(QS. Al-Mujadilaah: 11).

  1. Katakanlah: “Samakah orang yang mengetahui dengan orang yang tidak mengetahui? Sesungguhnya orang-orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran”.(QS. Az-Zumar:9).

  1. Contoh: 'Aisyah binti Abu Bakar (Abu Hurairah: ilmu 'Aisyah mencakup 1/4 syariat Islam, Urwah bin Zubair: tidak pernah melihat orang yg lebih mengerti ttg fiqh, dunia pengobatan, syair, daripada Aisyah.), Muhammad Al-Fatih  --> syumuul/menyeluruh

Metode terbaik: talaqqi, berguru pada guru bukan buku. Satu hal yang tidak didapatkan dari selain guru: kebijaksanaan guru, adabnya, akhlaknya.


5. Qowiyyul Jismi (fisik yang kuat)
  1. “Mukmin yang kuat lebih aku cintai daripada mukmin yang lemah”. (HR. Muslim). Dauroh jasadiyah? Hehee... Contoh: Ustadzah Nunung Bintari: bela diri, seni tari. In fact, those are useful for mother esp. for pregnancy and giving birth; organisasi: swimming club dsb. 

  1. 6. Mujahadatul Linafsihi (berjuang melawan hawa nafsu)
  2. "Tidka beriman seseorang dari kamu sehingga ia menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa (ajaran islam)." (HR. Hakim).

7. Harisun 'alaa Waqtihi (disiplin menggunakan waktu) 
Al wajiibatu aktsaru minal 'auqot, kewajiban yang ada lebih banyak daripada waktu yang tersedia --> timeline, kurangi waktu tidur/bercanda/hal-hal yang tidak bermanfaat. Dalam neuropsikologi telah dijelaskan bagaimana meningkatkan kualitas tidur sehingga waktu tidur tidak banyak namun efek positif thd tubuh tetap maksimal (REM/NonREM hayo?)

  1. 8. Munazhzhamun fii Syuunihi (teratur dalam suatu urusan)
  1. Segala urusan harus dikerjakan secara profesional. Apapun yang dikerjakan, profesionalisme selalu diperhatikan. Bersungguh-sungguh, bersemangat, berkorban, berkelanjutan dan berbasis ilmu pengetahuan merupakan hal-hal yang mesti mendapat perhatian serius dalam penunaian tugas-tugas.

  1. 9. Qodirun 'alal Kasbi (memiliki kemampuan usaha sendiri/mandiri)
  1. Maksudnya, seorang muslim selayaknya memiliki kemandirian terutama dari segi ekonomi. Ini juga sesuai dengan teori tugas perkembangan remaja versi Havighurst... x) Pribadi muslim tidak harus miskin, boleh kaya bahkan memang seharusnya kaya agar dia bisa menunaikan ibadah haji dan umroh, zakat, infaq, shadaqah dan mempersiapkan masa depan yang baik. Menurut Ust. Yusuf Mansyur, keutamaan muslim yang kaya daripada muslim yang miskin adalah pada jumlah kebaikan yang berwujud harta. Orang miskin dan kaya dapat sama-sama berdzikir dst, namun orang miskin terbatas dalam hal ibadah berupa harta. Allahu a'lam.

--> keahlian dan keterampilan


10. Nafi’un Lighoirihi (bermanfaat bagi orang lain)
  1. Diriwayatkan dari Jabir, Rasulullah bersabda: "Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seseorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baiknya manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain.(HR. Tabhrani dan Daruquthni)

  2. "Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan nasihat-menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran." (QS. Al-'Ashr:1-3) --> momentum lima perkara sebelum datang lima perkara, yakni waktu hidup sebelum mati, sehat sebelum datang sakit, muda sebelum tua, senggang sebelum sibuk dan kaya sebelum miskin.

  3. ___________________________________________________________
So, untuk meraih muwasshofat di atas --> mujahadah (kesungguhan) dan mulazamah (kesinambungan).

“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. dan Sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al Ankabut : 69)

"Dan bersegeralah kamu pada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yg bertakwa, (yaitu) orang-orang yg menafkahkan (hartanya), baik di waktu luang maupun sempit, dan orang-orang yg menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (QS. Ali Imron:133-134)"


Allahu a'lam bish-showwab. Semoga bermanfaat :)

AL-FATIH & SYARAT KEMENANGAN -a-

bismillah.

Alhamdulillah, akhirnya bisa mendapatkan mp3 kajian "Al-Fatih dan Syarat Kemenangan" yang saat itu tidak dapat saya hadiri. Lots of thank to Dek Aziz 'Kyuhyun' Satria yang mau mengkopikan mp3 kajian ini kpd saya kemarin petang. Jazakallah khoir bii ahsanil kiram... x)


Oleh: Ustad Herry Nurdi
Mengkaji sejarah itu penting sebab kita bisa menentukan masa depan dengan mengetahui sejarah apa yang telah dilalui.

Contohnya, cerita kancil di Indonesia yang sejak dulu telah menasional, tidak hanya bersifat regional di wilayah-wilayah Indonesia.
Kancil: binatang yang cerdik dan suka menipu à lahirlah generasi nazaruddin
Oleh karena itu, possitive parenting harus menghilangkan cerita kancil dalam proses pendidikan anak dan diganti dengan cerita-cerita sejarah yang edukatif, shiroh shohabiyyah dsb.

Khilafah Utsmani à 1453 'brand mark', tanda meluasnya kekuasaan islam. Berkuasa 600 tahun. Terkenal menjulang pada zaman Al Fatih. Api sebelumnya sudah terkenal: Utsman (pendiri khilafah ini)

Ada dua tokoh yang terkenal:
1. al fatih : membuka konstantinopel/istanbul
2. sultan sulaiman “sulaiman al qonuuni” : mewujudkan UU dan peraturan kenegaraan

Stressing point: sejarah dan semangat

Sultan Sulaiman Al Qonuuni melanjutkan kejayaan al fatih dgn memajukan khilafah scr pesat. Tentara laut sangat besar, menguasai Laut Persia dsb. Menguasai 65 negara modern dan dipimpin di bawah kekuasaan khilafah Utsmani. Menguasai mulai dari Byzantium dst. Panglima laut yang terkenal: Sultan Khoiruddin Barbarossa. Dalam film Pirates of The Carribean, tokoh Barborossa merupakan tokoh panglima laut yang handal namun seorang perompak (that's not true!), personifikasi dari Sultan Khoiruddin Barbarossa à Character assasination: pembunuhan karakter, sama halnya dengan Salahuddin dalam literatur barat yang dicitrakan memiliki affair dengan seorang ratu bernama Eleaor.

Utsman Al Ghozi: 1299-1453 à masa perintisan khilafah
1453-1682 à masa kejayaan
1683-1827 à stagnasi
1828-1908 à merosot, hampir jatuh
1924 à runtuh, yang dikarenakan oleh kemaksiatan yang luar biasa, zina dll. Seorang sultan memiliki 3000 selir. Setiap selir memiliki kepentingan politik dalam kerajaan, selir ini bermusuhan dengan permaisuri dsb yang memengaruhi politik negara.


Sebab-sebab kemenangan al-fatih: imannya tinggi, ilmunya syumul, akhlaknya mulian, hukum dan keadilan tegak.
Sebab keruntuhan khilafah Utsmaniyah: ilmunya rusak, akhlaknya rendah, dan barat sebagai faktor eksternal melakukan penyerangan.

Yaa Rasulullah, mana Romawi yang akan dikalahkan lebih dahulu oleh kaum muslimin? Romawi timur (konstantinopel/turki) atau romawi barat (vatikan)? Kata Rasulullah: InsyaAllah Romawi Timur. Pemimpin pasukannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukannya adalah sebaik-baik pasukan.

Hadits ini menjadi cita-cita banyak sahabat, tidak hanya sekedar wacana untuk dipelajari. Inilah perbedaan kita dengan salafussholih. Kalau kita sebatas untuk kepuasan intelektual, kalau dulu sampai pada tahapan panduan kehidupan.

Ada +/- 28 sahabat yang nisannya ada di Turki, karena keinginan mereka mewujudkan cita-cita mereka sebagaimana hadits Rasulullah di atas. Salah satunya Abu Ayyub Al Anshori.

Setelah perang selesai, hari rabu. Hari kamis al fatih mengumpulkan pasukannya di lapangan. Tujuannya utk memilih imam sholat jumat. Pasukannya diminta utk berdiri semua di lapangan tsb. Lalu alfatih bertanya 3 hal:

“barang siapa yg sejak aqil baligh pernah meninggalkan sholat fardhu meskipun sekali, silakan duduk!”

“barang siapa mulai dari aqil baligh sampai saat ini pernah meninggalkan sholat sunnah rowatib, silakan duduk!”

“barang siapa mulai dari aqil baligh sampai saat ini pernah meninggalkan qiyamul lail meski hanya satu malam, silakan duduk!”

Saat ketiga pertanyaan pertama itu diajukan, tidak ada seorang pun yang duduk à inilah pasukan terbaik sebagaimana dalam hadits rasulullah saw. Ketika ditanya pertanyaan kedua, baru setengah pasukannya duduk. Dan pada pertanyaan terakhir, semuanya duduk kecuali al fatih à nubuwwat Rasulullah benar lagi adanya, al fatih adalah panglima yang terbaik: cerdas dan sholih

Tarbiyyatul jasadiyyah à qowiyyul jism. Jangan sampai jenggotnya panjang tapi nafasnya pendek =)) jangan sampai, seorang muslim itu darah tinggi, kolesterol tinggi, semuanya tinggi kecuali harga diri! :DD

Al fatih lahir 30 maret di Edin (ibukota turki sblm istanbul). Usia 7 tahun hafal al quran. Usia 19 tahun naik tahta menjadi sultan. Dididik oleh syaikh syamsuddin al waaliy, gurunya, utk menjadi cendekiawan, alim, negarawan ulung, dan panglima yang hebat. Dalam masa kepemimpinannya telah memenagkan 25 pertempuran. Wafat pada tanggal 13 mei, ada yang meriwayatkan diracun, ada juga yang meriwayatkan karena sakit.

Syaikh syamsuddin al waliiy memiliki nasab dari abu bakar as sidiq. Ngaji itu perlu talaqqi, ngaji berhadapan dengan guru. Mengaji dari internet, buku, dsb itu bisa, namun tidak dapat mendapatkan kebijaksanaan dari seorang guru. Irsyaadu ustaadi à guru yang lurus, yang ilmunya bernasab pada Rasulullah SAW.

Al fatih bertutur dalam 7 bahasa ilmu: serbia, turki, arab, latin, persia, yunani, ibrani. Pengantar ilmu = bahasa!

Al Fatih telah menjabat sbg pejabat sementara sultan pada usia 12 tahun, saat ayahnya Sultan Murrad II melakukan perjalanan ke LN. Ilmu yg dikuasai al fatih: strategi, sains, sastra, matematika, olah raga, dsb. Syumul!

Zaid waktu itu ingin ikut perang Badr, tdk diperbolehkan oleh Rasulullah karena masih terlalu kecil, badannya tidak lebih tinggi daripada pedang. Cita-citanya jelas à syahid! Kata rasulullah, aku punya tugas khusus untukmu! Yaitu mempelajari bahasa ibrani. Zaid berhasil menguasai ibrani dalam kurun waktu 14 hari!

Al fatih: wara’ thd dunia, praktis dlm birokrasi, pragmatis dalam hal-hal kecil (tdk rewel, misalnya saat hujan tidak perlu ribet minta dipayungi), dan pemimpin yang ‘komprehensif’ (merealisasikan perintah Allah dalam kepemimpinan yang adil).

Tantangan dalam menaklukkan kota istanbul:
Istanbul dikelilingi oleh 7 bukit sebagai benteng natural yang susah ditembus oleh siapapun. Al fatih menyiapkan 150ribu pasukan dengan komando terlatih dan menempatkan pasukan elitnya (genisery?) di barisan terdepan. 2/3 kota dikelilingi oleh laut marmara dan teluk bosporus. Al fatih menyiapkan 120 armada laut raksasa. 1 armada kekuatannya mencapai 4000-40.000 pasukan. Ada 2 benteng besar yang anti senjata berat. Benteng luar tebalnya 7 m, benteng dalam tebalnya 14 m. Cara fatih menaklukkan tantangan ini adalah dengan meminta insinyur-insinyur terbaik khilafah utsmani utk merancang meriam seberat 700 pounds yang hanya bisa ditarik oleh 100 ekor kuda 100 orang tentara dan setiap tembakannya menghasilkan lubang 2 m. Al fatih membangun 1 kapal yang bisa berlayar dan berjalan di atas bukit à satu-satunya kapal yang bisa berjalan di atas bukit. Kenapa al fatih bisa? Karena muhammad al fatih juga menguasai ilmu astronomi à menyerang pada bulan dengan angin terbesar yang dapat mengarahkan layar kapal ke atas bukit.

Keterlibatan ulama dalam sebuah negara itu sangat vital. Al Fatih pun melibatkan ulama dalam menyusun strategi peperangan.

Golden horn berfungsi utk menjerat kapal-kapal yang akan masuk.

“setelah kalian mendirikan sholat, bertebaranlah di muka bumi!” à penting untuk mengetahui apa yang terjadi di dunia ini.

Tugas generasi masa kini: sholih, cerdas, militan, rendah hati, dan berakhlaq tinggi. 320 gerakan dakwah di indonesia yang aktif, namun sayangnya silaturrahim belum terjaga.

Orang-orang konstantinopel sangat takut pada bulan purnama karena mitos terkait yang sangat kuat. Oleh karena itu penyerangan, dilakukan saat ayamul bidh.

~to be continued~

måndag 23 april 2012

My Dearly Beloved SKREEPSWEET

bismillah.

“… janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir”. (QS. Yusuf : 87)
Belakangan saya lumayan kecewa dengan achievement yang saya raih. Gagal beasiswa Lotus EM 2 (hahaha.. well, somehow God have my gratitude on it because of some reasons my failure advantages me. Namun bagaimanapun juga, sebenarnya niat saya apply beasiswa itu adalah agar bisa naik haji lewat benua Eropa, mengikuti jejak Mba Hanum Rais...), telat apply beasiswa ke Korea even PPA (these I called 'mother of ceroboh'), tugas-tugas kuliah yang meroket, tawaran observasi yang saya tolak karena kurang enak badan (i wonder how come), kajian-kajian menggiurkan yang terlewatkan karena beberapa alasan (so poor of me!), bahkan melewatkan musyker KSAI (I regret it till now T.T), berat badan yang bisa-bisanya melambung jauh terbang tinggi pdhl saya sedang diet (mengerikan...), terserang tomcat (OMG, finally I have that silly scary scar), dan yang terakhir dan cukup signifikan membuat saya sampai demam: SKRIPSWEET-ku sayang....


Isu skripsi belakangan menjadi hal yang besar bagi saya karena menyangkut hajat hidup orang banyak (?). Tema awal adalah psikologi lintas-budaya tentang successful aging pada lansia Indonesia dan Swedia. Namun karena saya rasa deadline November 2012 wisuda (ingatlah ini, fauuu... ga boleh lagi ada prokrastinasi!) terlalu mepet, saya rencanakan untuk simplifikasi tema, menggunakan metode kuantitatif dengan subjek remaja di Yogyakarta. Namun setelah konsultasi dengan beberapa dosen, tidak ada yang mendukung simplifikasi tema tsb (hahahah) dan akhirnya saya putuskan menyempurnakan tema awal. Judul sementara: "Indonesian and Swedish Adults: Successful Aging based on Family Support and Religiousity Orientation"

Metode: kuantitatif 
Variabel independen: successful aging
Variabel dependen: family support
Variabel moderator: religiousity orientation

Pertama kali saya mengusulkan rancangan skripsweet tsb, Bu Indati langsung berkomentar (as I thought before): terlalu berat ini, Fau! Setingkat tesis ini rencanamu. Skripsi itu simpel saja, kok!

Batin saya: Iya, Ibu. Tapi kalau tema lintas-budaya hanya 2 variabel saja dengan satu analisis kok rasanya ada beban moral dengan para subjek di Swedia sana nantinya....

Kalau komentarnya Mas Willy: Itu lho, Zi. Lihat skripsinya Zadok! Bagus banget itu! Kalau bisa skripsimu itu juga dimaksimalkan, mumpung temanya lintas-budaya. Sekalian kamu 'jual' ke profesor2 di Eropa sana, siapa tahu ada yang tertarik dan at least mau ngasih rekomendasi buatmu saat kamu apply beasiswa S2 besok.

Kata Dinni: Eman-eman, Zi. Kalau kamu udah curi start gini dan hasilnya cuma ordinary. Analisisnya diperkaya lagi, aja. Itu bisa jadi poin plus, lho, pas sidang.

Kata saya: bentar, bentar. Mari diluruskan dulu niat mengerjakan skripsweet-nya. Semoga bermanfaat bagi para akademisi, lansia, care-giver, dan keluarganya. Apapun hasilnya nanti, semoga bisa berkontribusi pada optimalisasi program-program empowering lansia. Bismillah, untuk kemanfaatan... bukan sekedar keren atau beban moral, Fau... tapi semoga bermanfaat... luruskan niat lalu beristiqomahlah...

Nah. Selesai dengan urusan pertemaan skripsweet dan mulai akrab dengan bau buku-buku tua di perpustakaan psikologi, satu tantangan besar mulai melakukan penampakan: CARA SEBAR SKALA UNTUK LANSIA DI SWEDIA.

Sempat terpikir untuk mendistribusikannya via google spread namun setelah berkonsultasi dengan Andre (who is a care-giver in a 3 home cares for adult in Sweden), akhirnya saya putuskan pakai metode manual sahaja. Pasalnya, kata Andre, tidak semua lansia di Swedia bisa mengoperasikan komputer apalagi internet. Akhirnya saya tepok jidat saja... dan bingung mau gimana. Sampai bingungnya hingga lupa minum obat dan ketemu sama dokter di Sardjito, jadilah hari ini saya demam... -.-" (what a lousy)

Sempat terpikir untuk minta sponsor ke CICP atau Dikti agar saya dapat tiket PP Swedia-Indonesia. Kata Bu Ira, mudah lho untuk mendapatkan sponsor penelitian-penelitian bertema psikologi lintas budaya. "Tapi satu tantangan besar rencana skripsimu," tambah beliau: WAKTUNYA RELATIF LAMA. Penelitiannya Bu Neila itu kan, dulu rencananya juga lintas-budaya. Sudah didanai DIKTI itu. Namun karena deadline desertasi itu ketat sekali, akhirnya rencana penelitian dibatalkan. 

Errr... belum juga masalah pendistribusian skala terselesaikan, sudah ada yang menghadang lagi: waktu.

Stuck tidak tahu harus bagaimana lagi, terpikir ide yang lebih gila: saya akan bekerja keras untuk mendapatkan uang 10 juta dalam dua bulan biar bisa terbang ke Swedia (giiiilaaaaaa -.-"). Sementara badan semakin semremeng dan kepala tambah cenat-cenut rasanya.


Alhamdulillah, akhirnya saya dapat 10 juta! Ngimpi banget.... dan bohong besar! xP Akhirnya saya putuskan untuk menghubungi kawan-kawan yang ada di Swedia. Siapa tau ada yang punya kenalan care-giver di sana. Saat meminta tolong ke wall facebook di sana-sini itulah, tiba-tiba Mba Monica memberi kabar gembira bahwa Andre (yg saat itu sedang duduk di sebelahnya) berjanji mau mengerahkan bala kurawa nya di Swediyah sana untuk membantu saya sebar skala. Ga cuma bala kurawa, bahkan pacarnya Andre di Swediyah pun akan membantu saya... T.T

....
....

No words. Alhamdulillah wa syukurillah.... O Lord, I dont know what to say but Alhamdulillahi robbil 'alamiiin... Thanks Andre! Thanks Mba Monica! Thanks my friends in Sweden! Astagaaaaa...   Terharu... :')

Nah. Pada waktu yang bersamaan pula, Mba Noe SMS saya, mengabari bahwa akan ada tambahan adik binaan di kelompok saya. That's such a miracle! Kelompok binaan saya hampir saja binasa! Gara-gara kurang sehat iklim  ngajinya. Honestly saya sering iri dengan teman-teman yang membina banyak kelompok binaan di kampus, sedangkan saya malah membinasakan satu kelompok di SMA. Errr... Tapi, as Ustad Syathori said, dakwah itu bukan sekedar kuantitasnya... jangan sampai kehilangan makna! Totalitas! Semoga dengan bertambahnya adik binaan jadi tambah manfaat, Fau...  

Dan juga, alhamdulillah Bapak dapat kulkas di acara jalan pagi dalam rangka peringatan Hari Kartini kemarin! Hahahah... akhirnya dari dulu saya mengusulkan diadakannya kulkas di rumah biar saya bisa latihan masak-masak dan selalu ditolak ibu dengan alasan masak ga perlu kulkas (iya sih, Buk...), akhirnya dapat kulkas merk toshiba geratis! Oh God, alhamdulillah wa syukurillah.... Lets start making black foooorest! 

Oke, Fau. Saatnya menyusun deadline yang kalau ga ditaati bakalan benar2 dead! You know how Swedish works! Beruntunglah Andre dkk mau menolongmu, kamu ga boleh malas! Ga boleh ada prokrastinasi!  Kalau tidak, kamu betul-betul menghancurkan self esteem mu sbg orang indonesia di hadapan mereka! Bismillah:

JUNI SEBAR SKALA!

Nah, sekarang saatnya menyempurnakan teori dan mulai nyicil skala! Jangan lupa konsultasi ke Bu Indati, jangan marathon sendiri tanpa pemandu... thats your weakness! Apapun tantangannya, selalu ada rahmat Allah untukmu, ingat-ingat itu... x) *ini kenapa tiba2 jadi monolog gini*

Love always,
from Fau to all children in the world! *ga nyambung*

söndag 22 april 2012

L.E.L.A.K.I

bismillah.


Berikut ini adalah resume dari kultwit Gurunda Salim A. Fillah (@salimafillah) tentang #Lelaki :


1. Sebaik-baik lelaki adalah yang paling baik perilakunya pada isteri. Akulah yang terbaik pekerti pada isteriku." (HR At Tirmidzi) #Lelaki
2. "Tidaklah memuliakan wanita, kecuali lelaki mulia. Dan yang menghinakan wanita, pastilah lelaki hina." (HR At Tirmidzi) #Lelaki
3. Allah merahmati suami yang bangunkan isterinya tuk shalat, jika sulit dipercikkannyalah air ke wajah. -dan sebaliknya- (HR Ahmad) #Lelaki
4.
Nabi bolehkan dusta dalam 3 perkara: perang, mendamaikan 2 orang berselisih, & kalimat suami MENYENANGKAN isterinya. (HR Ahmad) #Lelaki
5. "Jadilah seperti kanak-kanak jika di hadapan isteri-isteri kalian." ('Umar ibn Al Khaththab) #Lelaki
6. Nikahkan anakmu dengan pria taqwa. Jika cinta, dia akan memuliakannya. Pun jika tidak, dia takkan menyakitinya. (Hasan ibn 'Ali) #Lelaki
7. Panggilan sayang Nabi untuk isteri: Khumaira (yang pipinya merona), 'Aisy (yang penuh daya hidup), Muwaffaqah (yang dapat taufiq) #Lelaki
8. Nabi, Saudah, 'Aisyah, & Hafshah bercanda dengan saling lempar serta saling mengoleskan kue-kue manis ke wajah. (HR Abu Ya'la) #Lelaki
9. Cinta selalu membutuhkan kata. Ia gelombang, menggores langit hati hingga memelangi. Ungkapkan: puisi, surat, lagu. (@anismatta) #Lelaki
10. Tulis di kertas hati merah jambu sejuta alasan mencintai isteri, tempel di kamar mandi, ranjang, dapur, rak, meja rias dll. #BMC #Lelaki

11. "Sepuluh perkara termasuk fitrah: menggunting kumis, merawat janggut, bersiwak, kumur-kumur, memotong kuku, beristinja'... #Lelaki
12. "..membasuh lipat jemari & cuping telinga, mencabut bulu ketiak, mencukur rambut kemaluan, menghisap air ke hidung." (HR Muslim) #Lelaki
13. Sesungguhnya para isteri suka jika kalian berdandan untuk mereka, sebagaimana kalian suka mereka berrias untuk kalian. ('Umar) #Lelaki
14. 'Aisyah: "Nabi suka meletakkan kepala di pangkuanku lalu kukeramasi kepalanya dan kusisiri rambutnya." (HR 'Abdurrazaq) #Lelaki
15. Nabi harumkan tubuh mulai dari bagian 'aurat dengan serbuk pewangi, lalu isterinya meminyaki bagian tubuh lain. (HR Ibnu Majah) #Lelaki
16. Nabi mencium isterinya setelah berwudhu' lalu beliau shalat tanpa mengulang wudhu' (HR 'Abdurrazaq) -Juga saat puasa- (HR Ahmad) #Lelaki
17. Nabi punya selimut yang senantiasa dicelup dengan wars & za'faran wangi. Beliau gilirkan untuk isteri-isterinya. (HR Al Khathib) #Lelaki
18. 'Aisyah: "Nabi minum dari sudut gelas tempatku meletakkan bibir & menggigit bersama tuk daging, zaitun & anggur." (HR An Nasa'i) #Lelaki
19. 'Aisyah: "Aku mandi bersama Nabi sebejana.." (HR Muslim) Umm Salamah: "..Kami canda berebut air di bejana." (HR Ibn Abi Syaibah) #Lelaki
20. Nabi memencet hidung 'Aisyah jika dia marah, mencium keningnya, lalu menuntunnya berdoa dengan lembut. (HR Ibnu Sunni) #Lelaki


21. "Salinglah memberi hadiah, maka kalian akan saling mencintai." (HR Abu Dawud) #Lelaki
22. Nabi diundang jamuan, maka bertanya, "Apakah 'Aisyah juga diundang?" Dijawab tidak, tak datang. Dijawab ya, datang. (HR Muslim) #Lelaki
23. 'Aisyah: "Nabi suka meletakkan kepala di pangkuanku walau aku haidh, lalu beliau membaca Al Quran." (HR 'Abdurrazaq) #Lelaki
24. Nabi suka saling bersandar punggung dengan 'Aisyah lalu memintanya melafalkan syair, kemudian dibahas bersama. (HR Al Baihaqi) #Lelaki
25. Nabi lomba lari dengan 'Aisyah. Setelah dulunya kalah, satu saat beliau ungguli 'Aisyah. Beliau godai sambil senyum. (HR Ahmad) #Lelaki
26. Saat orang Habsyi bertari tombak di Masjid, Nabi & 'Aisyah menonton dengan saling beradu bahu serta menempel pipi. (HR Ahmad) #Lelaki
27. Anas: "Kulihat Nabi menata mantel di pelana. Beliau duduk & Shafiyyah meletakkan lututnya di atas lutut beliau." (HR Al Bukhari) #Lelaki
28. "Pilihlah tetangga sebelum memilih rumah, pilihlah kawan sebelum memilih jalan, siapkan bekal sebelum berangkat" (HR Al Khathib) #Lelaki
29. Sa'd ibn 'Ubadah masyhur sbg pencemburu. Nabi: "Aku lebih pencemburu dari Sa'd & Allah lebih pencemburu dariku." (HR Al Bukhari) #Lelaki
30. "..Cemburu yang disuka Allah adalah keraguan yang menguatkan ikatan. Cemburu yang dibenci ialah yang menghakimi." (HR An Nasa'i) #Lelaki


31. 'Aisyah: "Pekerjaan pertama yang dilakukan Nabi saat masuk rumah adalah bersiwak demi bersegar nafas tuk keluarga." (HR Muslim) #Lelaki
32. "Yang sangat aku cinta dari dunia ini adalah isteri & wewangian. Dan dijadikan shalat sebagai penyejuk mataku." (HR Al Baihaqi) #Lelaki
33. "Lima fitrah #Lelaki: istihdaad (cukur rambut kemaluan), khitan, memangkas kumis, mencabut bulu ketiak, memotong kuku." (HR Al Jama'ah)
34. #Lelaki terindah di mata wanita bukanlah yang paling tampan, melainkan yang bisa membuat Sang Hawa merasa tercantik di dunia.
35. #Lelaki tergagah di hati wanita bukanlah yang paling kekar, melainkan yang mampu mendengarkan, memahami, & mengerti curahan hatinya.
36. #Lelaki teragung di jiwa wanita, bukan cuma yang rajin shalatnya, melainkan yang ketekunan ibadahnya membuahkan akhlaq mulia.
37. #Lelaki tershalih bagi wanita, bukan sekedar yang banyak ilmu agama & hafal Qurannya, melainkan yang kedua hal itu teterjemah di kepribadiannya.
38. #Lelaki hebat berjuang melampaui wataknya. Seperti Abu Bakr; lembut & santun tapi tak jadi lembek. Dia teguh & tegar.
39. #Lelaki kuat berjibaku menggenapkan sifatnya. Seperti 'Umar yang keras; dia tak beringas. Dia paling penyayang pada ummat yang dipimpin.
40. #Lelaki mengagumkan berkorban jiwa raga tuk sempurnakan karakternya. Seperti 'Utsman yang pemalu, egonya diruntuhkan kedermawanan.

41. #Lelaki dahsyat memahami konsekuensi penampilannya. Seperti 'Ali yang periang & easy going; dia singa saat perang, rahib di gelap malam.
42. #Lelaki terkaya di angan wanita bukanlah yang terbanyak hartanya, melainkan dia yang penuh syukur pada Tuhannya, berjuang bagi keluarga.
43. #Lelaki sejati memilih BANGUN dan bukan jatuh, untuk cintanya. Agar cintanya menjadi istana megah menjulang, tinggi menggapai surga.
44. #Lelaki hebat tak suka berjanji. Tapi begitu memutuskan mencinta, dia menyusun rencana tuk memberi & bekerja mewujudnya walau tersunyi.
45. #Lelaki bahagia adalah Salman; cinta tak bersambut bukan kepedihan. Dia sokong Abud Darda' sahabatnya, menikahi gadis yang dicintanya.

46. #Lelaki jantan itu 'Ali; tak memintamu menunggu di batas waktu. Dia ambil kesempatan (itu keberanian), atau menyilakan (itu pengorbanan)
47. #Lelaki jernih itu Zaid ibn Haritsah; dia yang anak angkat Nabi menikahi Ummu Aiman, ibu asuh Baginda; sebab gairahnya adalah surga.
48. #Lelaki sederhana itu 'Abdurrahman ibn 'Auf; si kaya nan penampilannya tak beda dengan budaknya, khawatir surga tak terbayar oleh harta.
49. #Lelaki bernyali itu Thalhah; yang saat 70 luka mengoyak badannya berdoa, "Rabbi, ambil darahku sekehendakMu, sampai Kau ridha padaku!"
50. #Lelaki adil itu Abu 'Ubaidah; musuh nan ditaklukkannyapun berkata, "Kami lebih suka kalian kalahkan daripada menang bersama Byzantium!"

51. #Lelaki teliti itu Khalid. "Tak kulewati lembah, bukit, sungai, & apapun tempat melainkan kufikirkan strategi yang kupakai di sana!"
52. #Lelaki jujur itu Mubarak; 3 bulan menjaga kebun anggur tak ditahunya beda matang, busuk, & ranum; sebab tak sekalipun dia mencicipi.
53. Mubarak, #lelaki lugu itu diambil menantu oleh tuannya sebab kebaikan agama, lalu lahirlah putranya sang 'Alim-Zahid-Mujahid: 'Abdullah.
54. #Lelaki hati-hati itu Idris, ayah Asy Syafi'i, nan tak sengaja makan delima terhanyut lalu rela menikahi 'buta-tuli-bisu' demi halalnya.


Baraka allahu fikum... x)