fredagen den 29:e juni 2012

Clarify

.bismillah.

got this message and some others that are similar to this... hehehe

Sebelumnya terima kasih kpd semua orang (krn mmg bukan cm 1 org.. huhuhuu) yang telah tabayyun dgn saya. dan sy pikir lbh baik sy menjawabnya jg di blog ini krn mungkin ada bbrp yg msh belum sempat tabayyun... ^^v
  • pengalaman dan ilmu sy msh sdkt sekali lho... so dont call me mbak please. such having a bad event between that nick o.O
  • dulu mmg web sy www.uzzy.web.id dan byk sekali di-link oleh blogger terutama yg dari SMAN 1 Yogyakarta dgn nama Fauziah Nur Wahdhani wich is my name. Nah, web tsb hny aktif smp thn 2009. Di dalamnya mmg sy banyak menulis ttg pengalaman psikologis (common sense yg dikait2kan dgn teori psi xD) dan lumayan byk follower nya. 
  • skrg web sy ya ini, lbh tepatnya blog. tdnya hny sy tujukan sbg jurnal harian (thats why i named it livejournal) dan byk yg ga berisi, jd sy malu utk publish alamat blog ini. cuma sy tulis di signature email dan di facebook tp sy tdk yakin byk org yg memerhatikannya. berhub tdk byk yg tau, link web sy yg dl jg tdk ada yg mengeditnya... o.O 
  • Allahu a'lam skrg kok ada uzzy.web.id yg aktif yg bukan milik saya apalagi kontennya ^^v
  • I have two (some-like) web now: this blog and this:

ishlahunnafs.tumblr.com

  •  Trm kasih bagi yg sudah konfirmasi dgn sy pribadi. jangan sampai ya, silaturrahmi kita jd jauh gara-gara web yg bukan milik sy xD dan sy jd terpikir utk lbh membuat blog ini lbh berisi insyaAllah... ^^. 

onsdagen den 27:e juni 2012

Miss Blank: So What? 2

bismillah.

lanjutan dari tulisan sblmnya. akhirnya 2 orang simbah putri berhasil naik andhong krn supirnya asli bantul selatan. jadi sekalian pulang ceritanya. *standing applause utk perjuangan simbah ^^

sy dan byk calon penumpang lain masih istiqomah menunggu bis jurusan bantul yg lumayan luang. adzan maghrib, sy mampir solat dl di masjid jokteng kulon. sesudahnya, sekitar setengah jam, datanglah sebuah bis yg tdk tampak siluet penumpangnya. horeeeeee bisnya kosong! kembali, semua cendol orang berdiri dan mendekat ke arah jalan raya. namun sayang sekali, setelah bis tak lagi jauh, terlihatlah nama jurusannya: JOGJA-TEMPEL T.T

ya, biasanya jokteng kulon juga dijadikan t4 transit bis jogja-tempel sblm akhirnya putar balik ke utara. petang menjelang malam, sebentar lagi adzan isya'. si bis jogja-tempel masih diam di tempat. akhirnya seorang bapak 'penguasa' daerah jokteng kulon mengusulkan usul yg pragmatis tp sgt cerdas: bisnya dibawa ke selatan saja ngangkut para penumpang yg melas sekali nasibnya ini...

setelah bernegosiasi mbo an ada supir bis jurusan bantul yg bakal protes, akhirnya pak supir jogja-tempel mengiyakannya, saudara2! (woot) walaupun jdnya agak lugu (lucu tur wagu xD). lucu krn ada bis jogja-tempel smp ke bantul, tp jg agak wagu. jadi berhub pak supir tdk terlalu mafhum dgn are bantul, tiap kali ada yg bilang misalnya "toserba WS kiri, pak!" langsung dijawab "nek wes cerak bgt wae mbak le muni 'kiri'. WS kie sik sisih ngendi aku ra dhong!" wkwkwk :))

dan bapak supirnya percaya bgt sm para penumpangnya yg mmg kyk cendol, berdesak-desakan bgt. jd si bapak supir meminta tlg ke slh 1 penumpang utk menariki tarif ke smw penumpang. walaupun bau-baunya byk yg urik jg, krn dari sebis penuh yg smp ada yg menggelantung keluar pintu, total tarif yg didapat pak supir hny 84ribu... yg parah bpk yg duduk di dekat sy, cm bayar 2rb pdhl tujuannya lbh jauh drpd sy yg membayar 3rb... o.O

tdnya sy duduk di kursi namun berhub ada simbah2 yg masuk dgn tenggok besarnya akhirnya sy mempersilahkan simbah tsb utk duduk dan sy berdiri. di belakang terdengar suara wanita muda yg jg menawarkan t4 duduknya pd simbah2 lain yg mauk kemudian. huaaaa... baru kali ini naik bis yg semuanya serba percaya dan mengalah, dari supir hingga para penumpangnya... :')

tp byk jg bapak2 yg tdk mau ngalah dlm uriusan t4 duduk, dibiarkan sy dan beberapa wanita lainnya menggelantungkan tangan di pegangan atas bis sedangkan mereka asik leyeh-leyeh di kursi. ya, mmg sy penentang feminisme sih. sy tetap berprinsip wanita itu ya dilindungi, pria itu ya yg ngalah. muhaha.

pas berdiri itu jg ada pengalaman yg menstimulasi hikondriasis sy dlm mode on. pasalnya, seorang bpk yg jg berdiri di samping sy asik ngupil sepanjang perjalanan. walaupun sy udah ehem-ehem sambil membuang nafas berat tanda jijik, si bapak tetap asyik dgn aktivitasnya. setiap kali pak supir ngerim mendadak kan tubuh saya terhuyung-huyung ya, dan tentu saya kaget. nah, setiap saat itu pula kan saya refleks berucap "Allahu akbar Yaa Kariim!". eh, para penumpang di sekitar langsung noleh ke saya sambil menahan tawa. ya sy kan jadi salah tingkah. pdhl dzikir kan ga salah ya, tp berhubung mendapat tatapan spt itu sy malah blg "Nuwun sewu... nyuwun pangapunten...." -____-"

sesudah turun dari bis, saya mendapati telapak tangan yg buat berpegangan besi di bagian atas bis td bauuuuu banget. serius. rasanya mau muntah kalau teringat bau telapak tangan sy waktu itu. sy jd ingat iklan jadul sabun mandi yg katanya efektif membunuh kuman di telapak tangan terutama habis naik bis. maka sejak saat itu hgg skrg sy tdk bisa mandi kecuali air baknya dicampuri cairan disinfektan... rasanya kotoooor... o.O (sy jd curiga jgn2 hipokondriasis bs beresiko ke OCD.. *thinking)


sesampainya di rumah tubuh sy sudah tremor. lemes. mlht kondisi sy bapak malah protes, "Lhaaa... ngapain ngebis? Tadi telp Bapak sj kan lgsg dijemput." Eh. knp tdk terpikir.... oh God why T__T

Hari 3
pagi hari sy menemani mas arung jalan-jalan di sunmor krn ibunya pergi. di sana kami makan pagi lalu melihat-lihat barang jualan yg digelar oleh para pedagang. berhub mas arung sgt suka otomotif dan mengoleksi mobil2an smp di kamarnya kayak kios pasar (penuh mobil2an), akhirnya berhentilah kami di penjual yg memperdagangkan miniatur mobil bermerk hot wheels. hampir semua jenis mobil2an sudah dimiliki mas arung, namun ada 3 yg belum. krn bingung mau beli yg mana, akhirnya mas arung telp ayahnya, tny sebaiknya yg dibeli yg mana, yg plg bagus yg mana. beyong expectation, sang ayah malah menjawab "Ambil aja semua yg disuka." o.O Giranglah mas arung, krn mmg dia belajar suka otomotif dari ayahnya. maka 90ribu di pagi hari utk mas arung. 90ribu utk 3 mainan mobil2an kueciiiil yg kalau buat beli tempe bisa dapet sekarung besar sekalian sm penjualnya. dan sy berdoa smg suami dan anak2 sy kelak tdk maniak otomotif. B.O.R.O.S.

sore harinya...
tadinya janjian bertemu seseorang di daerah melia purosani pk 15.45. pk 15.27 sy baru mau berangkat dari rumah. bisa dipastikan nnt bakal telat tiba di sana. saat memakai sepatu, saya mendapat sms dari seseorang itu bahwa lokasi pertemuan ganti ke asrama 403 demak ijo. sy mempersepsikannya kan di asrama 403 nya itu ya. akhirnya sy mengambil jalur ringroad selatan ke baraaaat terus, UMY ke utara, gamping ke utara, sampailah di per4an demak ijo. saya pikir ke utara saja karena kalau ke timur masuk jalan godean. akhirnya ke utara dan bensin saya habis. dicarilah penjual bensin eceran (maaf ya honda ku syg). sekalian beli bensin sekalian tanya asrama 403. ternyata perempatan demak ijo ke timur (T___T), akhirnya saya ke utaraaaa lg buat nyari jalan ring road barat yg bisa 'dipotong' bwt muter arah. beberapa mnt kmdn sampailah sy di asrama 403 yg ternyata asrama besaaaar bgt punya tentara... o.O

dengan kepercayaan diri yg tidak surut (overconfidence) sy masuklah ke asrama tentara itu. bnr2 masuk ke dalam krn pos jaganya kosong. sampailah di samping pos induk. smw tentara yg ada di sana menoleh ke arah sy. sy mulai merasa aneh. seorang tentara mendekati sy dgn senyum 'sumeh'-nya, "Ada yg bisa dibantu,Bu? Eh, Mbak?" karena grogi berada di tengah penyamun, dan malu (mulai curiga slh alamat) akhirnya sy malah menutupkan sebagian jilbab di dpn mulut dan hidung (pura2nya pakai cadar)... sy baru sadar ternyata kesannya dudul sekaliii... o.O

"Betul ini asrama 403, Pak?"

"Iya, Mbak. Tapi ada 2 lho, yg satu di demak ijo sini yg satunya lagi di jln kaliurang."

"Oh, betul yg di demak ijo kok, Pak. Bisa bertemu dgn Bapak Arif?"tanya sy ber-faking good.

"Arif yang mana, ya? Ada dua Arif di sini."

"Bisa tolong panggilkan kedua-duanya? Saya sudah janjian dengan salah satu di antaranya tapi saya tdk cukup yakin yg mana."

Akhirnya dipanggilkan melalui speaker yg keras suaranya membahana ke seantero asrama yoniv 403. Nah, pas panggilan itu digaungkan, satu sms masuk yg menjelaskan bahwa tempat ketemuan bukan di asramanya tapi di gang di sebelahnya lalu lurus smp ketemu seseorang yg tsb di atas.

eh.
Membaca sms itu sy bukalah 'cadar' saya. dan dgn suara lemas sy bilang ke pak tentara, "Ummm... maaf, pak. saya salah alamat."

"Oh, lha di mana Mbak? Di sini benar asrama 403."

"Heee... ternyata bukan di asramanya tapi di gang sebelah kiri asrama...."

Para tentara menahan tawa sambil geleng-geleng.

"Oh, Mbak nanti keluar dari sini ke kanan, itu ada gang kecil. Masuk saja."

"Terima kasih, Pak. Mohon maaf, mohon maaf,"kata saya sambil membungkuk-bungkuk a La korea.

Saat saya keluar dari pos induk tsb, seorang tentara juga keluar bersama saya. Pak tentara yg tadi memanggil dua arif di speaker berpesan pdnya, "Mengko nek ketemu Arif omongke ra sido, yo!"

tentara itu memandang ke arah saya yg semakin menenggelamkan wajah. oh God why... O.o

keluar dari asrama tsb, wajah sy langsung manyun. sepanjang jalan kenangan,  sy tdk bisa berhenti menggigit-gigit jari. panik. mangkel. pingin nangis. ybs telp. sy diamkan. sebel. tp sy tau bhw sbnrnya sy sebel thd diri sy sndr. knp dudul bgt ga bisa berpikir kalo tentara itu kan ga mungkin jualan suvenir.

hoaaaaa!!!! 
saya mengikuti gang tsb sesuai instruksi di sms. sekitar 1 km kok sy tdk melihat org ybs. sy mulai curiga ini mulai nyasar lagi. benar sj. masuk lagi sms baru. katanya smp sebuah angkringan, masuk. untunglah ada anak-anak yg lagi sepedaan di sekitar sy. bertanyalah sy angkringan di sekitar situ di mana. dan betul sekali, ternyata sy kebablasan... T.T

akhirnya sy smp juga di dpn rumah Pak Arif yg dimaksud. tdk ada ybs di dpn rmh, cm motornya. kegalakan sudah di ujung lidah. ingin rasanya sy marah-marah di dpn ybs, knp instruksinya sepotong2, knp ga jelas, knp.... dst.

ybs keluar dari rumah pak arif dan langsung minta maaf. mendengar ucapan tsb, emosi2 negatif sy lgsg reda. dan entah knp sy mlh merasa pengalaman td jd terkesan lucu to the max. pdhl biasanya kl terkecewakan sdkt sj langsung mutung smp di-unfriend FB-nya... (oh God why im easily mutung to anyone)

dan ya happy ending juga akhirnya. ada malu bercampur lucu. gpp, yg penting all is well pd akhirnya :))

lalu apa hub nya dgn lagunya roxette di awal tulisan ya? scr lgsg ga ada sih, cuma 3 hari itu lagunya roxette serasa diputar dlm otak sy ^^v

P.S.
utk seseorang di luar sana yg mengira bhw sy cerdas, maka sy mengaminkannya krn sungguh sy msh jauh dr kata itu. tdklah sy semulia Khadijah R.A., pun tdk setaqwa dan secerdas Aisyah R.A.. hanyalah seorang wanita akhir zaman yg bercita-cita mjd yg shalihah. maka seandainya sy adlh tulang yg bengkok, berhati-hatilah kamu meluruskannya... :)
dan aku pun meyakini bahwa kamu tidaklah semulia Muhammad SAW, pun tdk setaqwa dan secerdas Ibrahim A.S. hanyalah seseorang di akhir zaman yg bercita-cita membangun keturunan yg shalih. maka doakanlah aku agar dapat bersabar dlm memperingatimu, seandainya kelak kamu lupa... :)

måndagen den 25:e juni 2012

Miss Blank: So What? 1

bismillah


Milk and toast and honey make it sunny on a rainy Saturday, he-he-hey
Milk and toast, some coffee take the stuffiness out of days you hate, you really hate
(Roxette--Milk and Toast and Honey)

Sepenggal lirik lagu favoritnya Mas Arung yang didengarkan ke sy beberapa hari lalu saat les bhs inggris. Sejak diputarkan mp3nya oleh mas arung, sy jd terngiang2 terus lagu itu. Dan pengalaman 3 hari terakhir selalu 'ditemani' oleh lagu itu.

Hari 1
Horeeee... outbound bersama Y1 dan Y2! Di jadwalnya tertulis, kumpul di sekolah pk 07.00 dan pulang dari lokasi outboung (KP4 UGM Brebah Sleman) pk 11.30 WIB. Saat itu sy jg UAS Isu Perkembangan dan Modifikasi Perilaku, hanya mengumpulkan paper. Jadi sy niatkan hbs dari outbound langsung ke kampus krn toh sblm jam 7 pengajaran blm buka. 

shalat dhuha sblm outbound ^^
Outbound berlangsung ceria. Walaupun orang-orangnya tak asing lagi bagi saya (psikologi semuaaaa :DD) dan permainannya bukan hal baru lagi, alhamdulillah anak-anak dan para ustz/ah gembira. Sayangnya, outbound berlangsung terlambat, tdk hny menit namun jam. Dan tubuh tunggal saya diperebutkan oleh 4 anak: Mb Nisrina, Mb Nadira, Mb Jimas, dan Mb Rahma. Mereka serius memperebutkan saya, ditarik-tarik, jilbab tiba2 disibakkan (dgn alasan pingin tau rambutnya sbrp. kie gek uopoooo meneh  ~.~), didorong2, dan langkah terakhir mereka: menggelayut di lengan sy. Itu rasanya... bnr2 pingin meledak. Setiap menit mereka berempat bercicict-cicit manggil nama sy rebutan pingin ditemani. Ustz senior tersenyum lalu berkata "Praktek ngajar, ya, Ustz! Wkwkwk". Belum lg Mas Naufal (suspected ADHD) yg minta kejar2an terus sm sy. Outbound diakhiri pada pukul 14.01 WIB. Saya sudah mulai kelingsutan. Bgmn nasib 2 UAS saya? T.T

Ustz Unik mlht gelagat sy yg tdk tenang. Wkt sy bercerita ttg kepanikan thd UAS, beliau senyum dan blg "Lho, Ustz. Kalau UAS, ngapain ikut outbound? Izin sj gpp lho." Doeng! Itu rasanya spt... kyaaaaa!!! Pingin ngglundhung ke dronjongan di lokasi outbound.

Sesampainya di kampus, betul sekali. Dengan kekumalan di sekujur tubuh (penuh lumpur, penuh debu, dan sgt bauuuuu), sy berlari-lari ke kantor pengajaran di lt 2. Sudah tutuuuup... T.T Sy pun segera berlari ke ruangan Bu Ira (dosen pengampu modifikasi perilaku) utk menyerahkan paper scr lgsg. Syg sekali, ruangannya kosong. Wkt sy cari di kantor mapro di mana bu ira sering berada di sana, jg tdk ada. Akhirnya sy SMS-lah beliau, menceritakan kondisi sy dan baiknya sy apakan paper uas ini. 



Yg jelas hny husnudzan pd Allah. Sy tdk bermaksud menunda2 pengerjaan uas, pun pengumpulannya. Ttg keikutsertaan outbound, itu semata2 krn kedudulan sy yg tdk terpikir utk izin (sy jg heran knp tdk kepikiran itu). Dan jadi teringat kata-kata taufik (tim Cemara 2008) yg sering didendangkan kpd sy dgn tatapan melas: 


"Uzi, kamu itu SEBENARNYA pintar. cuma SERING lola."


atau labeling dari intan yg sptnya sgt valid, "Ncen dudul tenan kowe, Uz" lalu terbahak menertawakan setiao kedudulan sy.


Heheheeee... dulu wkt di cemara, waktu mas luqman ngasih instruksi ttg persiapan training, semua segera merespon dgn angguk2 kepala mantap tanda faham. sementara sy msh spt ini:


lalu bertanya, "maksud e pie to, mas?"

dan semuanya berpaduan suara: "gubrak!" sambil mbantingi apa2 yg ada di sekitarnya. huahahaaaa maaf intan, nca, taufik, imul, mas luqman... :))

Maka hny tmn2 cemara lah yg bisa gumun wkt sy brgkt ke swedia (dgn tatapan 'kok iso cah koyo ngono menyang swedia?'), atau jd guru di sdit lhi, atau dipanggil 'mbak' oleh tmn2 seangkatan SMA dan kuliah.

Sederhana sekali tanggapan mas luqman dan mas dayat thd panggilan sy itu, "Uzi tu dipanggil 'mbak' sama teman2nya soalnya masih kekanak2an. jadi to zi, itu semacam panggilan penstimuli agar kamu dewasa." Dan itu disampaikan di forum syuro' cemara dan psdu ksai al uswah... yg akhwat pada hihihiii menertawakan sy smntr yg ikhwan berhahaha...


what the. mereka ngajak duel!
back to bu ira. alhamdulillah, Allah memudahkan. mungkin bu ira sedang very good mood, beliau meminta sy menaruh paper di lokernya sj. tdk apa2 tdk ttd. dan bhsnya enak bgt... santai tdk spt biasanya. langsung dibalas pula. pdhl, bu ira itu semacam versusan dgn sy di kelas psi abnormal dulu. gara2 beliau menggulirkan isu GJ ttg MUI di kls dan lgsg sy bantah to the max krn sy lmyn sering berkomunikasi dgn pak nanung (sekjen LPPOM MUI DIY) jd lmyn tahu mana yg bnr mana yg isu yg bersumber lgsg infonya dari beliau. dan sejak saat itu smw makul yg diampu beliau sy sll dpt B (fyi, nilai A di psi itu biasa bgt dan B seolah singkatan dari 'Binasa')... T.T itu ajaib bgt bu ira baik bgt di sms nya. pengalaman perdana stlh 4 thn kuliah... muhahahaaa... alhamdulillah wa syukurillah... xD


Sesudah naik turun tangga ke lt 2 selama 3 kali berturut2, berlari2, dgn bau badan yg terakumulasi sejak pagi... sy masih harus ke rmh arung utk les bhs inggris. dan benar sj, hari sesudahnya mas arung bilang "Ustz kemarin bau." oh God why... T.T


Hari 2
Niatnya mborong pakaian di Malioboro. Tadinya ditemani adik. Namun, suatu ketika saat dia berbicara pada saya, eh sy mlh mbalesi sms dari teman. Adik sy yg sedang berada dlm masa 'dont try me ever if u wont get me angry! grauk grauk!', muntablah dia. dan sy tdk mau kalah (dudul). malah nantangin, "ya udah, kalau mau pulang ya pulang aja ga usah cemberut kek gitu." Benarlah dia pulang, mungkin dipikirnya "lo pikir gue ga tega ninggalin makhluk tengil di sini sendiri? udah ditolongin malah nyuekin!" huaaaa... maaf, Nduk... ^^v Alhamdulillah skrg udh damai.

Nah, berhub sy tdk tau toko/butik yg menyediakan pakaian dgn kualitas yg bagus, akhirnya sy cobalah satu per satu dari ujung utara hingga selatan malioboro bahkan pasar beringharjo. setelah dpt data semua model dan harga akhirnya diseleksilah yg kira2 kualitasnya plg tinggi namun harganya terendah (ya ga ada lah yaaa... rega nggawa rupa je). terbayang brp lama (jogging lalu) belanja dgn skenario spt itu? ya, betul. smp di malioboro jam 10an, selesainya hampir jam 5 sore.

Dan kedudulan masih berlanjut. Entah sy kesambet apa, kok ya bisa-bisanya kepikiran buat jalan kaki dari melioboro ke jokteng kulon (krn bis yg ke btl ngetemnya di jokteng kulon. tp sbnrnya byk taksi jg lho di malioboro -.-"). tdnya sy optimis mampu krn dl pernah jogging dari kawasan ugm hingga umbulharjo selama 1 jam lbh tanpa istirahat B-) walaupun ga kelihatan bekasnya skrg... o.O

Namun krn sudah muter2 malioboro sejak pg, akhirnya tremor juga kaki sy di daerah alun2 utara (hahahaaa... bias optimistik bgt). dan akhirnya mendekati pak becak. smp jokteng kulon yg sebenarnya hny berjarak sakplinthengan --buto-- dari malioboro ditarif 10ribu. sbnrnya pingin nawar namun krn sudah tdk berdaya akhirnya sy iyakan jg dgn alasan 'menuju salah 1 cita-cita' (ya mmg slh satu cita2 sy adlh suatu hari kelak sy tdk perlu menawar saat membeli barang/jasa biar penjualnya senang dpt untung byk. i know its a weird dream). tp ya itu td, sekadar alibi :))

Akhirnya smp di pojok beteng kulon antrian para calon penumpang bis jurusan bantul sudah kayak cendol. banyak bgt. hari mulai gelap. bau-baunya bisnya sudah habis. di ujung timur terlihat seorang siswa SMA berjas almamater spt yg ada di lemari baju sy. Sy pun tersenyum padanya dgn tatapan "halo dek. saya kakak angkatanmu lhoooo" Si adik SMA menatap penuh tanda tanya tanpa membalas senyuman sy lalu beringsut dari tempat duduknya dan akhirnya pergi masuk ke warung mie ayam... -.-"

menit demi menit, hampir pukul 6. dua bis tampak datang mendekat. dlm hati sy sudah hore-hore. begitu dekat, terlihatlah para penumpangnya berseragam batik semua khas bis carteran ke kondangan. cemberutlah saya. eh, waktu bisnya melintas di depan sy, sempat2nya si supir ngelihatin sy (dan sempat2nya pula sy ngelihatin pak supir -.-") dan dia serta penumpang yg di depan tertawa ke arah sy coba sblm hilang dr pandangan... oh, what's on earth? o.O

satu bis lain datang... semua calon penumpang girang. berdiri serempak, mendekat ke jalan raya. eh, ternyata bus penuh, smp bbrp penumpang menggelantung2 keluar pintu bis. para calon penumpanmg kecewa, duduk lagi. demikian hingga 3 bus penuh penumpang lewat. kami mulai desperate. dan yg plg desperate to the max adlh simbah2 putri yg pulang dr jualan di pasar. nekat sekali, beliau nyegat setiap becak yg lewat dan 'agak memaksa' mereka utk mau mengantarkan pulang di daerah Ganjuran dgn bayaran 20 ribu! What the! Saya ngakak tdk bisa ditahan2 lagi. Ya ditolaklah sm setiap supir becak. mmg tarif yg ditawar para simbah tdk berperikemanusiaan, namun yg lbh sangar adalah para simbah berani menyuruh bapak-bapak supir becak utk ngawil dari jokteng kulon hingga ganjuran. Itu spt nyuruh orang berlari di treadmil dgn kecepatan tinggi selama dua puluh jam! oke, itu analogi yg lebay. tp plis deh ya, jokteng ganjuran itu sesuatu bangeeet! halah. dan semua supir becak serempak menolak, "Mboten wantun, Dhe... Kadohan! Mboten kiyat!"sambil menahan tawa.

-to be continued-

onsdagen den 20:e juni 2012

Being Parents before Married

bismillah

Pekan lalu mb monica dan saya diminta mengisi seminar perenting utk orang tua anak-anak PAUD di daerah Keraton Yogyakarta. Tadinya pekewuh juga krn kami berdua belum menikah apalagi mjd orang tua namun diminta berbagi ilmu ttg perorangtuaan di hadapan para praktisi ahlinya langsung. Namun tidak terduga ternyata dari sedikit teori psikologi perkembangan yang kami sampaikan, memunculkan banyak respon dari para orang tua. Pertanyaan-pertanyaan yg lbh spt konsultasi. Lagi-lagi sy pekewuh (jd ingat nasihat nadia: "kamu harus belajar cuek! kamu tu labil krn kebanyakan mikir." xD) krn lulus saja belum, apalagi bergelar psikolog, tdk spt mb monica yg sudah resmi S.Psi... o.O

Ada beberapa kondisi yg menurut sy patut mjd koreksi besar bagi sistem pendidikan di Indonesia. Misalnya, saat seorang guru TK yg melabeli seorang muridnya dengan sebutan 'pemalas'. Labelling yg tdk baik itu telak membuat si anak tdk suka dgn gurunya, lalu berubah menjadi takut dan akhirnya mengalami school refusal. Si anak tdk mau sekolah bahkan ketakutan setengah hidup jika ia berada di sekitar lingkungan sekolahnya.

Ada juga seorang ayah yg kebingungan dengan sikap anak laki-lakinya yang menjadi pendiam dan sulit berkonsentrasi. Bapak tsb curiga apa krn pny adik baru ya kok tiba-tiba jd berubah gini sikap anaknya.

Jikalau dilakukan dengan cinta, tidak akan memunculkan kata-kata yang tak perlu. Menyentuh hati, bukanlah pemaksaan sekehendak yang mengingini.
Menyelesaikan masalah harus dimulai dari peniadaan akar yg mjd ujung pangkalnya. Menghindari masalah tidak sama dengan menyelesaikannya. Dan membuat anak kecil mau mengungkapkan peristiwa traumatis yang pernah dialaminya mensyaratkan kesabaran. Respon yang sering muncul saat kita menanyakannya berupa "Ibu jangan tanya itu lagi. Adik sakit kalau ingat itu." dsb.

Ada juga anak preschool yg sering mengancam ibunya saat tdk menuruti keinginannya dgn jurus jitunya, "Mama nggak sayang sama Adik, ya?"

Dan biasanya orang tua takluk dgn kalimat atau perilaku mutung anaknya. Kalau saya cermati, biasanya orang tua yg give in thd anaknya adalah orang tua yg beranak tunggal. Padahal, kalau mau meneladani Bu Sullivan yg berhasil mendidik Hellen Keller mjd guru besar di dunia, she always said "I you want to educate your children, don't give in to them. Never!"


Jadi, solusinya? Menyadur kalimat Pak Fauzil Adhim dlm seminar-seminar parenting nya:
Jika dalam keluarga hanya ada anak 1, biasanya laju rumah tangga dikendalikan anak. Sebaliknya, jika banyak anak-anak di rumah, laju perumahtanggaan dikendalikan orang tua.

Prinsipnya: LEBIH BANYAK LEBIH BAIK xD

*to be continued. adzan maghrib. sholaaaaatt ^^

tisdagen den 19:e juni 2012

My Kid

bismillah.

Meet him: Muhammad Arung Tegar. 10 years old student. Very bright, so lovely. At the very first time I met him, I felt some strange connection between us. Deep inside my heart I believed that there is a similarity between us. Have you ever experienced it before? When you met someone then you felt that you both were similar each other.

Mas Arung pegang kurakuraninja ^^
And yup! Later, Ustz Beti told me more about Mas Arung. That time I did want to have a high five with him. We have similar condition, Kid! Tos dulu, Nak! ;)

Qodarullah. Mas Arung trusts me to teach him English twice a week in his home. He said that he doesn't like his two previous English teachers. He said that they are grumpy... o.O Since then he doesn't like English either.

From his sentences, I formulate my teaching strategy: I have to make him feels comfortable with me first then try to (re)introduce English in a fun way. I hope he can mastery English later on.

Alhamdulillah, Mas Arung likes the way I teach him. He even asks me to reschedule our private tutorial, from twice a week to everyday... o.O I do apologize Mas Arung, I'm afraid you'd be bored with me if you see me everyday :p (kidding. I have skripsweet to be done soon Mas, that I couldn't accompany you every single day. Maaf ya Mas Arung ya... ^^v)

After I read Tarbiyyah Project by Dawud Tauhidi (it really is a must to read for every teacher in this world! can be downloaded here), I realize that my teaching process with Mas Arung hasn't been integrated. I only taught him how to master English. I almost forget the 'akhlaq' point, how I integrate English lesson with his akhlaqul karimah. I have to renew my method to teach him English so it would not be only in his cognitive level but also his attitude. Bismillah... wish me luck, Mas Arung! ;)

Some stories between Mas Arung and I

It was very hectic day for me. Tiring one I could say.  Suddenly Mas Arung gave me some ice cream and a lollipop when I was bad mood that bad. I never told him that I like those childish-stuffs xD And when I asked him to try 'tahu bakso' in my friend's house, he totally loves it! I never knew that he likes tahu bakso that much! :))

Mas Arung often gives me valuable advises such as "You have to be good at cooking Ustz, so you could be a good wife in future." or "Someday you have to teach your children how to read Quran Ustz, like what my mother does." :))

Lately, Mas Arung and his mother went to their hometown for a couple of days. I do miss him. I''m eager to listen more to his stories about his family and friends. I miss the time when we prayed Ashar before we start our English tutorial. I miss the time when I accompanied him playing his riffle toy after he's done with the lesson. I miss the time when he told me about his dreams. He's totally my kid! :D

Well, I'll see you soon, Anak Shalih... <3

måndagen den 18:e juni 2012

BLOODY MELANCHOLIA

bismillah.

Akan selalu ada suatu keadaan, kenangan, dan orang-orang tertentu yang pernah singgah dalam hati kita dan meninggalkan jejak langkah di hati kita dan kita pun tidak akan pernah sama lagi seperti kita sebelumnya.... (Dony Dhirgantoro-5 cm)
Manis sekali kalimat dlm novel bersampul hitam tsb. Dan sy menjadi saksi hidup thd kebenarannya. Memiliki, setidaknya mengenal, orang-orang yang dgnnya Allah menjadikan sy manusia yg berbeda dari sebelumnya. Sebagiannya adalah mereka.

Bukan pertalian darah, nasab persusuan, maupun kepentingan harta yang menyatukan kami dlm ukhuwah indah ini. Maka saya sangat bersyukur pernah menjadi bagian dari mereka dan mereka pun telah menempati ruang-ruang dalam hati saya.

Ada seorang yang hati saya paling cenderung kpdnya. Kami berdua memiliki banyk kesamaan, hampir semuanya. Urusan agama, urusan rumah, urusan sekolah, urusan kesukaan, urusan impian, hingga urusan pergejean. Bahkan pernah kami mengevaluasi perbedaan tunggal di antara kami: dia melankolis sedangkan saya sanguinis (wkt itu sy mbatin 'dan kamyu lbh cantik drpd akyu tp kamyu tdk sadar ttg hal itu.. hahahah xD'). Dia tiba-tiba nyeletuk, "Uz, kita tu mirip banget ya. Semoga suami kita besok bukan orang yg sama ya...,"ujarnya desperately saking banyaknya persamaan di antara kami. Huahahaa  :))

I could say that I love her so much. Dialah orang yang membuat saya berbanjir-banjir air mata saat kami berpisah. Padahal waktu saya pisahan sama ibu malah tidak menangis sama sekali (hehehee anak nakal!). I would do anything to make her happy. I swear! Rasanya manis sekali ya, mencintai seseorang melebihi cinta kpd diri sendiri.
I'm never gonna treat you bad
Cause I never want to see you sad
I swore to share your joy and your pain
And I swear it all over again
(Westlife-Swear It Again)

Dialah orang yang dengan senyum tulusnya mengulurkan lolipop saat saya bermuram durjana. Atau menawarkan es krim kala pipi saya basah oleh air mata. Dialah badut terlucu (well ok, at this point im totally different with her) yg mampu membuat saya terbahak waktu muka saya berkerut-kerut cemberut. She understands me and I understand her at all. Dan tentu saja, namanya sering bertengger dlm top of the list dlm doa-doa saya.

She's not my mate, she's my soulmate... :')

Namun, beberapa waktu lalu, dia menyatakan isi hatinya, yang ternyata telah selama ini dia tahan-tahan dari saya. Kalimat-kalimat yg sungguh tidak pernah sy duga, yang membuat dada sy sesak lalu menangis setiap kali mengingatnya... :(

Dia bilang, dia iri terhadap sy. Dia merasa sy memiliki apa-apa yg dia ingini sedangkan dia tidak sepenuhnya mempunyai segala yg ada dlm diri sy. Sering kali kehadiran sy di dekatnya membuatnya tdk nyaman, tdk suka, bahkan mengharuskannya menarik nafas panjang dl agar bs menguasai emosinya sblm akhirnya dia menyapa sy. Dan akhirnya dia menyatakan bahwa dia tdk hny iri thd sy namun dengki... dan itu sudah lama dirasakannya... :(

Maka terangkanlah, bgmn rasanya mendengar klimat itu dituturkan olh sahabat terbaik? Dan kini kami mmg 'jauh'... :(

Pernahkah mendengar tentang sifat manusia thd manusia yg lain? Ada manusia wajib, yg kehadirannya bermanfaat dan dinanti-nantikan orang lain. Ada orang sunnah, yg kehadirannya menyenangkan orang namun absen pun tdk apa-apa. Yg paling parah adalah orang haram, yg kehadirannya membawa celaka bagi orang lain, tdk diharapkan, dan ketiadaannya merupakan berkah bagi orang lain. Saat ini, sy merasa mjd orang haram baginya. Dia merasa lbh nyaman jika tdk ada sy di sekitarnya. Kehadiran sy bukan sesuatu yg disuakinya... :(

Apakah ada yg bs merasakan, saat mjd org yg tdk diingini kehadirannya olh org yg plg dicintai? Siapakah yg bisa menjelasan kpd sy bgmn rasanya saat org yg kita cintai memendam dengki, tdk suka saat kita suka dan suka saat kita tdk suka? bOlehkah sy bersedih? :(

Sy tahu menghadapi org sanguinis mmg menyebalkan. Selalu ceria di dpn mata mmg membuat jengah. if you hate me then i do hate myself,

Ingin rasanya sy memutar kembali wkt, membenahi hal2 yg membuatnya tdk menyukai sy shg dia tdk hrs menyatakan hal terburuk yg pernah sy lakukan... Saya merindukanmu.... Saya merindukanmu... Saya benar-enar merindukanmu... :(

Semoga sejenak sj spt ini... agar setan tdk menertawai lemahnay ukhuwah kita... doakan sy agar bs membenahi akhlak thdmu... akupun mendoakanmu... kita.

sy benar2 merindukanmu... :(

Maaf... jika selama ini kamu terus yg hrs bersabar thd sy...
Maaf... utk ketidakfahaman sy thdmu....
Maaf... utk sisi menyebalkan sy di hadapanmu selama ini...
Maaf... utk msh sedikitnya doa utkmu...
Maaf... utk rombengnya iman sy hgg melubangi ukhuwah kita...

Saya mencintaimu...
Sayamasih mencintaimu...
Saya akan tetap mencintaimu...
karena Allah

onsdagen den 13:e juni 2012

Bukan Puisi

bismillah

cinta itu...
kecerahan rona di wajah saat bertemu
cinta itu...
pelukan erat kala bersua
cinta itu...
panggilan mesra di halaman sekolah
cinta itu...
tarikan lembut tangan-tangan mungil di sudut kelas
cinta itu...
ajakan bermain kartu pokemon setengah memaksa
cinta itu...
gelayut manja di tangan saat pelajaran
cinta itu...
cubitan di ujung jilbab, lalu lama membuntuti
cinta itu...
kenakalan meminta perhatian siang-siang
cinta itu...
rayuan untuk jawaban saat ujian
cinta itu...
coretan curhat di lembar jawaban
cinta itu...
cemberut dan tangis saat belum tampak jemputan
cinta itu...
berbagi segelas jus melon, berbondong-bondong
cinta itu...
semangat les bahasa inggris setiap sore
cinta itu...
sms singkat harian: PING
cinta itu...
keisengan menyembunyikan hp
cinta itu...
semangat menutur Salahudin Al Ayyubi
cinta itu...
murroja'ah al mulk 1-9
cinta itu...
rebutan shaf pertama shalat berjamaah
cinta itu...
...
...

KALIAN ^^


love always,
xox

torsdagen den 7:e juni 2012

Catatan Sekolah: GULAT

bismillah
diary Rabu 6 juni 2012

Pekan ini saya mendapat amanah untuk menjadi penguji dalam ujian praktek bahasa Inggris anak-anak year 4, menggantikan Ustad Arya yang sedang ada acara di Semarang hingga akhir pekan. As usual, tidak banyak yang harus saya intervensi terkait kemampuan kognitif mereka. Berdasarkan backpack dari Aussie yang menjadi pegangan kurikulum di sana, beberapa siswa bahkan sudah berada di level 4 which means they are excellent at English subject. Berbicara ttg kurikulum pendidikan di SDIT Internasional Luqman Al Hakim, saya benar-benar salut. Para suhu berhasil menjawab tantangan terhadap kritikan untuk RSBI/SBI dengan jitu. Memang salah satu kritik besar terhadap sekolah-sekolah yang bertitel rintisan/bertaraf internasional adalah salah tafsir makna sekolah internasional. Berapa banyak RSBI/SBI yang membatasi kualitas sekolahnya dengan penggunaan bahasa Inggris dalam penyampaian materi sementara kurikulum yang digunakan masih bertaraf nasional? Jadi, kesannya RSBI/SBI = sekolah yang berbahasa Inggris. Perifer sekali bukan?

Nah. Di SDIT Internasional Luqman Al Hakim, kurikulumnya merupakan integrasi dari kurikulum pendidikan nasional UK dan Indonesia. Untuk bahasa Inggris, ditambahkan satu acuan lagi yaitu standar kurikulum Australia. Memang ada konsekuensi besar juga bagi ustadz/ah nya: sama-sama belajar dari awal! :))

year 4
Belum lagi assessment dan evaluasi terhadap kemampuan siswa. Wuih, it really takes time! Soooo descriptive! Semacam menulis raport untuk anak-anak TK. (Almost) every single detail tentang kemampuan siswa harus dijabarkan oleh Ustadz/ah ybs. Membuat assessment untuk ujian praktek saja sudah lumayan mengeritingkan jari-jari tangan saya. Aspek-aspeknya...masyaAllah... :)) Dan yang paling 'bekerja' pada akhirnya adalah wali kelas yang harus merekap semua laporan dari ustadz/ah seluruh mata pelajaran. Semaaaangat Ustadzah Beti! ^^9

Beberapa siswa tampak tidak mampu dalam melakukan ujian praktek ini. Namun saya tau penyebabnya bukan 'mampu' tapi 'mau'nya mereka yang bermasalah. Sejak awal observasi sudah cukup menggambarkan pada saya bahwa beberapa siswa ini menderita penyakit psikologis: demotivasi. Seperti tadi. Ada Mas Elang dan beberapa kawan lain yang menjadikan berbagai alasan klise sebagai senjata untuk tidak melakukan ujian praktek. Alhamdulillah, sedikit jurus yang berjudul 'laa taghdhab' dan 'manjadda wa jada' berhasil menyentuh hati dan memotivasi mereka untuk melakukan ujian praktek.

Ngomong-ngomong tentang ujian praktek, saya tadi telah mengalami pergulatan dengan para calon cendekiawan muslim itu! Berawal dari Mas Arung dkk yang menggoda Ustadzah Rahma dengan cara melarikan hp beliau, akhirnya saya dan Ust Rahma bermain kejar-kejaran dengan anak-anak sholih itu untuk mendapatkan kembali hp Ust Rahma. Akhirnya saya berhasil menggenggam hp yang berada dalam genggaman tangan mas arung (?). Subhanallah... kompaknya anak-anak ya... melihat saya hampir berhasil itu, seketika rombongan siswa putra menyerbu dan menggelitiki saya! -.-" Saya yang terlahir sbg makhluk yg sangat peka thd rangsang gelitikan langsung terbahak-bahak hingga hampir muntab. U know how it feels when u are digelitikin berjamaah... -.-!

Dan tidak berakhir sampai di sana, Saudara-Saudara! Diam-diam mas gagas, mas elang, mas zia, dan mas arung membuntuti saya dari belakang, lalu setelah saya lengah sedikit mereka kembali menyerbu! Errr... >.< saya sampai ngruwel-ngruwel di pojok ruangan akibat serbuan mendadak itu. Sayang sekali, tidak ada ustadz/ah di kelas kala itu shg saya benar-benar KO digarapi anak-anak sholih itu.

Karena tidak tahan lagi, akhirnya saya keluarkan jurus terakhir pertahanan saya di masa-masa genting: ancaman. Yah, walau kata BF Skinner apapun yang berbau punishment itu tidak akan efektif dalam modifikasi perilaku, toh dalam Al Quran banyak juga pesan yang berisi ancaman di samping iming-iming surga. Dan mmg nyatanya tadi juga berhasil mutlak. Kalimat singkat "Kalau gelitikin Ustadzah lagi, Ustadzah lapor ke Ustadz Fely!" berhasil menghentikan jari-jari iseng itu. Hahahahhh... nama kepala sekolah berhasil mematungkan mereka beberapa detik lalu mereka bertekad tidak akan menggelitiki saya lagi. Uuuuuuw... anak-anak sholih yaaaa... :3

Tidak jauh berbeda di ruang kelas year 1. Sewaktu jam istirahat saya bermain bersama di kelas tsb. As usual, nggambar dan nyanyi-nyanyi geje.Tiba-tiba ada yang nangkring di punggung saya. Kedua tangannya melingkari leher saya erat-erat, kaki-kaki besarnya nongkrong mlungker di perut saya. Persis posenya anak koala yang minta gendong emaknya! Yaa Kariim... itu rasanya benar-benar kayak dicekik gorila dari belakang! Dan ternyata mas faiz yang tambun lagi ngegodain saya.... >.< Antara gemes dan merana ga bisa nafas, akhirnya saya gelitikin bocah lucu itu. Dia terpingkal lalu mengendurkan tangan dan kakinya di tubuh saya. Jilbab saya langsung berantakan, bibir saya hampir-hampir manyun karena saat itu saya sedang berada dalam kuasa hormonal wanita yang membikin mudah pingin marah.. (halah. alibi)

Walaupun berkorban jiwa dan raga (badan saya berasa remuk redam dijajah anak-anak sholih itu. kalau yang putri sholihah sekali ya, Nak... tidak suka main fisik dengan Ustadzahnya ya, Sayang, ya...), satu hal yang saya syukuri dari pergulatan hari ini: nampak jelas keterbangunan attachment antara kami, anak-anak itu dan saya. Alhamdulillah... :')

Bahkan sepulang sekolah saya dicegat oleh Mas Arung, Mas Zia, Mas Gagas, dkk dan mereka memberi saya beberapa teka-teki. Walaupun super duper jayus ya, Nak, ga pa-pa. Saya masih mau kok menertawakan hal-hal yang tidak lucu :p

Lalu anak-anak yang solihah mengajari saya nasyid baru karya Ust. Ahmad. Gimana tadi ya, Nak? Saya sudah lupa... ~.~! Do re do re mi re do... sol sol sol... hahahah kira-kira seperti itu. Ada lirik bahasa Arabnya tapi saya lupa... duh, 'afwan ya, Nak... ^^v

Pas jam makan siang tadi juga romantis ya, Nak.... Kita (anak-anak year 1 dan saya) minum segelas jus bersama-sama. Dari satu gelas yang sama. Berbagi segelas jus di dining room. Nikmat sekali ya, Nak. Ketika kita makan siang di meja yang sama, lalu minum dari segelas yang sama. Aih... indahnya berbagi... :-*

Namun ada yang mengharu biru juga. Saat mas akbar (year 1) menunggu jemputan dan ketika saya tanya umi atau abah yang jemput, dengan polos dia menjawab sambil nyengir polos: "Dijemput mbakku, ust! tapi mbak yang bantuin nggosok baju di rumah."

Nggerus... nggerus...

Juga mas arung (year 4) yang memberikan jatah makan siangnya pada saya dengan alasan tidak suka menunya. Saat saya sarankan agar dibawa pulang saja biar dimakan orang rumah, mas arung menjawab singkat: "Orang tua kerja semua, Ust! Ga ada yang di rumah!"

Mendengarnya seperti... ah. Gimana, ya. Saya masih kurang sreg rasanya jika anak pulang dan tidak ada salah sau atau salah dua orang tuanya. Apalagi kalau orang tua berangkat kerja saat anak belum bangun dan pulang saat anak sudah terlelap tidur. 

Kamis, 7 Juni 2012 23.03 WIB
Besok pagi saya akan menemani para cendekiawan muslim itu dlm ujian tertulis bahasa Inggris year 4. Lalu bersama-sama year 1 membuat kostum drama untuk pertunjukan tutup tahun di akhir bulan ini. Ah, rasanya tidak sabar lagi menunggu fajar esok hari. Miss u much, Nak! Sampai jumpa besok pagi, Sayang...^^

groupshugs,
xox