onsdag 21 december 2011

DAGING (SEMBELIHAN) AHLI KITAB, BOLEH DIMAKAN?

Bismillah.

Melanjutkan dari artikel sebelum ini. Dalam artikel sblmnya sy mempertanyakan ttg syar'i tidaknya cara penyembelihan daging di eropa. Poin yg menjadi diskusi lebih lanjut adalah "syar'i nya penyembelihan daging" dan bukan lagi tentang "minoritas/mayoritas".
Kembali saya bertanya pada Pak Nanung Danardono (dosen peternakan ugm sekaligus sekjen LPPOM MUI Yogyakarta yg sedang s3 di UK--jd faham juga ttg kondisi eropa). Dan demikian jawaban beliau ttg sembelihan ahli kitab:

Sembelihan Ahlul Kitab boleh kita makan karena mereka menyembelih hewan sesuai syari'at Islam. Yang saya heran, orang2 menyamakan orang2 Non-Muslim jaman sekarang dengan Ahlul Kitab di jaman Nabi SAW dulu . 

Sebatas yg saya tahu, SOP penyembelihan hewan yg dilakukan oleh orang2 di Eropa (termasuk Sweden) adalah dgn pemingsanan (stunning) sebelum disembelih. Pemingsanan kadang dilakukan dgn electric-stunning, namun yg paling sering adalah dgn Captive Bolt Pistol (Stunning Gun). Nah, penelitian Prof. Schulze & Dr. Hazim di Hannover, Germany menunjukkan bhw pemingsanan dgn cara tsb menyiksa hewan (yg akan disembelih), bahkan kadang2 jantung hewan tsb berhenti berdetak lebih awal (karena terlalu sakit). Akibatnya, kadang2 hewan mati sblm disembelih.
Nah, kalau hewan mati sblm disembelih, berarti yg dimakan itu adalah BANGKAI, dan bangkai itu haram (QS. 2:173, 5:3, dll).

Kesimpulannya,
karena yg dilakukan di Sweden tdk sama dgn yg dilakukan oleh Ahlul Kitab, maka nash tsb tdk dapat dipakai sbg rujukan. Dengan kata lain, sembelihan yg dilakukan tdk secara syar'i itu TIDAK HALAL dikonsumsi oleh orang Islam.

Allahu a'lam bish-showwab.

Semoga apa-apa yang masuk dalam tubuh dan mengalir dalam aliran daran kita adalah yang baik. Yang punya pendapat lain, mari kita berdiskusi.. :)

*riweuh banget ya ttg halal/haram di swedia? ribet tapi nikmat! ;)
taken from http://www.facebook.com/note.php?note_id=482189381593
follow my twitter: @fauziahwahdhani
facebook: http://www.facebook.com/cantabile.uzzy


Inga kommentarer:

Skicka en kommentar