måndag 28 maj 2012

SURAT CINTA

bismillah.

pertemuan kita kali ini
bukan sekedar kawan lama tak jumpa
tapi kita bertemu ada satu makna
kita punya satu perjuangan...
andai ada kasih antara kita
kita kembalikan kepada Yang Esa
agar ia suci, tulus, dan ikhlas
semoga Allah memberkati...
(tazakka--sahabat perjuangan)


"Alhamdulillah, Mbak. HI UGM!"sebuah SMS singkat saya terima saat Graduate Night semalam. Seketika bulu kuduk saya merinding. Hiruk-pikuk suasana meriah di taman Fakultas Psikologi UGM tiba-tiba terasa sunyi. 

Tak lama sesudahnya, "Alhamdulillah, Mbak Uzi. KU UGM."

Lalu, "Arsiterktur!"

Dan, "Kimia!"

Terbaru, petang ini: "Alhamdulillah, Mbak. Skor IELTS memenuhi syarat. One step closer to Nagoya! Doakan ya, Mbak!" 

Gerimis di hati menitik-nitik, diiringi puji-pujian kepada Yang Maha Terpuji nan Pemurah. Mereka adalah adik-adik angkatan saya di SMA, yang saat ini tengah memperjuangkan jenjang studi selanjutnya. Adik-adik terkasih, yang setiap pekan banyak memberikan kepada saya kesempatan untuk belajar dari kisah-kisah mereka.

Saya memang bukan pembina yang baik. Saya tidak banyak mentransfer ilmu apapun kepada mereka. Justru sebaliknya, saya belajar banyak tentang makna hidup dari setiap mereka. 

Dari forum 2,5 jam kita, Dek, hanya 30 menit saya cukupkan untuk menyampaikan apa-apa yang pun, saya sendiri masih terseok-seok berusaha mengamalkannya. Selebihnya? Saya lebih tertarik mendengarkan kisah-kisahmu. Jikalau engkau tidak ridha terhadapnya, Dek, maafkanlah, pahamilah khilaf saya... inilah kekurangan saya. 'Afwan jiddan, adik-adik tersayang.... Astaghfirullahal 'adhim....

Ada nama-namamu dalam doa solat malamku. Sungguh saya sadar betul, kalian adalah hamba-hamba pilihan-Nya, yang dipercayai amanah berat sebagaimana kadar kekuatan kalian di hadapan-Nya. Adakah kau tahu, Dek? Hati saya miris oleh rasa malu yang bertubi-tubi, saat lisanmu menyatakan bahwa sosok yang telah melahirkan dan membesarkanmu telah berpindah agama dan melarangmu menunaikan sholat apalagi mengenakan hijab di rumah, lalu kau bertanya dengan linangan air mata: "Ajari saya untuk istiqomah dalam sholat dan jilbab, Mbak...."

Demi Allah, saya malu. Saya malu padamu, Dek. Malu kepada-Nya. Jawaban atas pertanyaanmu, hanya mampu saya tuturkan kepada Yang Menggenggam Jiwa-Jiwa Kita, semoga Ia mengaruniakan kekuatan dan keistiqomahan dalam hatimu.... Mohon dimaafkan, Sayang.... Karena sungguh, saya tidak mampu mengajarkan padamu akannya....

Lalu, saya kembali membisu. Saat kau bercerita diiringi kristal-kristal bening yang luluh dari sudut matamu yang jernih: "Dulu saya kayak putri raja, Mbak. Semuanya serba ada. Tapi sejak ibu bapak berpisah, dunia serasa berbalik membelakangiku! Saya sekolah, jajan... semua dengan hasil keringat saya sendiri lho ini, Mbak! Mbak Uzi pasti juga ga menyangka kan, kalau saya punya sejarah seperti ini?"

Sungguh, tuturmu teramat berat bagi saya. Dan lagi-lagi, yang saya mampu hanya memohonkan kekuatan atas pundak-pundakmu, agar kau mampu melewati setiap ujian dari-Nya.... Maafkan lemahnya saya, Adek.... 

Kini, hampir dari setiap kalian menggapai apa yang menjadi asa dan cita. Saat kawan-kawan kalian masih disibukkan persiapan ujian tertulis SNMPTN, sebagian besar dari kalian telah dilempangkan jalan menuju sumber ilmu impian: undangan dari universitas-universitas kenamaan. Bangga, terharu, bahagia atas awal kesuksesan kalian. Semoga barokah langkah-langkahmu ke depan, Dek.... Pun, tentu saya sedih. Kurang dari empat pekan tersisa utk kebersamaan kita. Sebelum kalian dibina oleh mbak-mbak yang jauh lebih cerdas dan bijaksana daripada saya, di kampus kalian masing-masing kelak. InsyaAllah.

Semoga waktu-waktu yang kita lalui adalah kebaikan. Sekali lagi saya mohon maaf dan ridha kalian atas kedzaliman saya selama tiga tahun ini, atau sebulan ini. Tetap menjadi sosok-sosok tegar yang memberati bumi dengan laa ilaaha illallah, Sayang... :')

Uhibbukum fillah,
<3
andai ada kasih antara kita
kita kembalikan kepada Yang Esa
agar ia suci, tulus, dan ikhlas
semoga Allah memberkati...

2 kommentarer:

  1. mbak uzikah ini yang aku kenal?

    SvaraRadera
    Svar
    1. aiiiish.... ketauan.... :"> selamat dek dian sayang, kmrn wisuda yaaaa.... semangat bersiap menuju kampus biru! :D

      Radera