fredag 27 april 2012

AL-FATIH & SYARAT KEMENANGAN -a-

bismillah.

Alhamdulillah, akhirnya bisa mendapatkan mp3 kajian "Al-Fatih dan Syarat Kemenangan" yang saat itu tidak dapat saya hadiri. Lots of thank to Dek Aziz 'Kyuhyun' Satria yang mau mengkopikan mp3 kajian ini kpd saya kemarin petang. Jazakallah khoir bii ahsanil kiram... x)


Oleh: Ustad Herry Nurdi
Mengkaji sejarah itu penting sebab kita bisa menentukan masa depan dengan mengetahui sejarah apa yang telah dilalui.

Contohnya, cerita kancil di Indonesia yang sejak dulu telah menasional, tidak hanya bersifat regional di wilayah-wilayah Indonesia.
Kancil: binatang yang cerdik dan suka menipu à lahirlah generasi nazaruddin
Oleh karena itu, possitive parenting harus menghilangkan cerita kancil dalam proses pendidikan anak dan diganti dengan cerita-cerita sejarah yang edukatif, shiroh shohabiyyah dsb.

Khilafah Utsmani à 1453 'brand mark', tanda meluasnya kekuasaan islam. Berkuasa 600 tahun. Terkenal menjulang pada zaman Al Fatih. Api sebelumnya sudah terkenal: Utsman (pendiri khilafah ini)

Ada dua tokoh yang terkenal:
1. al fatih : membuka konstantinopel/istanbul
2. sultan sulaiman “sulaiman al qonuuni” : mewujudkan UU dan peraturan kenegaraan

Stressing point: sejarah dan semangat

Sultan Sulaiman Al Qonuuni melanjutkan kejayaan al fatih dgn memajukan khilafah scr pesat. Tentara laut sangat besar, menguasai Laut Persia dsb. Menguasai 65 negara modern dan dipimpin di bawah kekuasaan khilafah Utsmani. Menguasai mulai dari Byzantium dst. Panglima laut yang terkenal: Sultan Khoiruddin Barbarossa. Dalam film Pirates of The Carribean, tokoh Barborossa merupakan tokoh panglima laut yang handal namun seorang perompak (that's not true!), personifikasi dari Sultan Khoiruddin Barbarossa à Character assasination: pembunuhan karakter, sama halnya dengan Salahuddin dalam literatur barat yang dicitrakan memiliki affair dengan seorang ratu bernama Eleaor.

Utsman Al Ghozi: 1299-1453 à masa perintisan khilafah
1453-1682 à masa kejayaan
1683-1827 à stagnasi
1828-1908 à merosot, hampir jatuh
1924 à runtuh, yang dikarenakan oleh kemaksiatan yang luar biasa, zina dll. Seorang sultan memiliki 3000 selir. Setiap selir memiliki kepentingan politik dalam kerajaan, selir ini bermusuhan dengan permaisuri dsb yang memengaruhi politik negara.


Sebab-sebab kemenangan al-fatih: imannya tinggi, ilmunya syumul, akhlaknya mulian, hukum dan keadilan tegak.
Sebab keruntuhan khilafah Utsmaniyah: ilmunya rusak, akhlaknya rendah, dan barat sebagai faktor eksternal melakukan penyerangan.

Yaa Rasulullah, mana Romawi yang akan dikalahkan lebih dahulu oleh kaum muslimin? Romawi timur (konstantinopel/turki) atau romawi barat (vatikan)? Kata Rasulullah: InsyaAllah Romawi Timur. Pemimpin pasukannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukannya adalah sebaik-baik pasukan.

Hadits ini menjadi cita-cita banyak sahabat, tidak hanya sekedar wacana untuk dipelajari. Inilah perbedaan kita dengan salafussholih. Kalau kita sebatas untuk kepuasan intelektual, kalau dulu sampai pada tahapan panduan kehidupan.

Ada +/- 28 sahabat yang nisannya ada di Turki, karena keinginan mereka mewujudkan cita-cita mereka sebagaimana hadits Rasulullah di atas. Salah satunya Abu Ayyub Al Anshori.

Setelah perang selesai, hari rabu. Hari kamis al fatih mengumpulkan pasukannya di lapangan. Tujuannya utk memilih imam sholat jumat. Pasukannya diminta utk berdiri semua di lapangan tsb. Lalu alfatih bertanya 3 hal:

“barang siapa yg sejak aqil baligh pernah meninggalkan sholat fardhu meskipun sekali, silakan duduk!”

“barang siapa mulai dari aqil baligh sampai saat ini pernah meninggalkan sholat sunnah rowatib, silakan duduk!”

“barang siapa mulai dari aqil baligh sampai saat ini pernah meninggalkan qiyamul lail meski hanya satu malam, silakan duduk!”

Saat ketiga pertanyaan pertama itu diajukan, tidak ada seorang pun yang duduk à inilah pasukan terbaik sebagaimana dalam hadits rasulullah saw. Ketika ditanya pertanyaan kedua, baru setengah pasukannya duduk. Dan pada pertanyaan terakhir, semuanya duduk kecuali al fatih à nubuwwat Rasulullah benar lagi adanya, al fatih adalah panglima yang terbaik: cerdas dan sholih

Tarbiyyatul jasadiyyah à qowiyyul jism. Jangan sampai jenggotnya panjang tapi nafasnya pendek =)) jangan sampai, seorang muslim itu darah tinggi, kolesterol tinggi, semuanya tinggi kecuali harga diri! :DD

Al fatih lahir 30 maret di Edin (ibukota turki sblm istanbul). Usia 7 tahun hafal al quran. Usia 19 tahun naik tahta menjadi sultan. Dididik oleh syaikh syamsuddin al waaliy, gurunya, utk menjadi cendekiawan, alim, negarawan ulung, dan panglima yang hebat. Dalam masa kepemimpinannya telah memenagkan 25 pertempuran. Wafat pada tanggal 13 mei, ada yang meriwayatkan diracun, ada juga yang meriwayatkan karena sakit.

Syaikh syamsuddin al waliiy memiliki nasab dari abu bakar as sidiq. Ngaji itu perlu talaqqi, ngaji berhadapan dengan guru. Mengaji dari internet, buku, dsb itu bisa, namun tidak dapat mendapatkan kebijaksanaan dari seorang guru. Irsyaadu ustaadi à guru yang lurus, yang ilmunya bernasab pada Rasulullah SAW.

Al fatih bertutur dalam 7 bahasa ilmu: serbia, turki, arab, latin, persia, yunani, ibrani. Pengantar ilmu = bahasa!

Al Fatih telah menjabat sbg pejabat sementara sultan pada usia 12 tahun, saat ayahnya Sultan Murrad II melakukan perjalanan ke LN. Ilmu yg dikuasai al fatih: strategi, sains, sastra, matematika, olah raga, dsb. Syumul!

Zaid waktu itu ingin ikut perang Badr, tdk diperbolehkan oleh Rasulullah karena masih terlalu kecil, badannya tidak lebih tinggi daripada pedang. Cita-citanya jelas à syahid! Kata rasulullah, aku punya tugas khusus untukmu! Yaitu mempelajari bahasa ibrani. Zaid berhasil menguasai ibrani dalam kurun waktu 14 hari!

Al fatih: wara’ thd dunia, praktis dlm birokrasi, pragmatis dalam hal-hal kecil (tdk rewel, misalnya saat hujan tidak perlu ribet minta dipayungi), dan pemimpin yang ‘komprehensif’ (merealisasikan perintah Allah dalam kepemimpinan yang adil).

Tantangan dalam menaklukkan kota istanbul:
Istanbul dikelilingi oleh 7 bukit sebagai benteng natural yang susah ditembus oleh siapapun. Al fatih menyiapkan 150ribu pasukan dengan komando terlatih dan menempatkan pasukan elitnya (genisery?) di barisan terdepan. 2/3 kota dikelilingi oleh laut marmara dan teluk bosporus. Al fatih menyiapkan 120 armada laut raksasa. 1 armada kekuatannya mencapai 4000-40.000 pasukan. Ada 2 benteng besar yang anti senjata berat. Benteng luar tebalnya 7 m, benteng dalam tebalnya 14 m. Cara fatih menaklukkan tantangan ini adalah dengan meminta insinyur-insinyur terbaik khilafah utsmani utk merancang meriam seberat 700 pounds yang hanya bisa ditarik oleh 100 ekor kuda 100 orang tentara dan setiap tembakannya menghasilkan lubang 2 m. Al fatih membangun 1 kapal yang bisa berlayar dan berjalan di atas bukit à satu-satunya kapal yang bisa berjalan di atas bukit. Kenapa al fatih bisa? Karena muhammad al fatih juga menguasai ilmu astronomi à menyerang pada bulan dengan angin terbesar yang dapat mengarahkan layar kapal ke atas bukit.

Keterlibatan ulama dalam sebuah negara itu sangat vital. Al Fatih pun melibatkan ulama dalam menyusun strategi peperangan.

Golden horn berfungsi utk menjerat kapal-kapal yang akan masuk.

“setelah kalian mendirikan sholat, bertebaranlah di muka bumi!” à penting untuk mengetahui apa yang terjadi di dunia ini.

Tugas generasi masa kini: sholih, cerdas, militan, rendah hati, dan berakhlaq tinggi. 320 gerakan dakwah di indonesia yang aktif, namun sayangnya silaturrahim belum terjaga.

Orang-orang konstantinopel sangat takut pada bulan purnama karena mitos terkait yang sangat kuat. Oleh karena itu penyerangan, dilakukan saat ayamul bidh.

~to be continued~

Inga kommentarer:

Skicka en kommentar